Kalah dari Thailand di Piala AFF 2018, Pelatih Timnas Bima Sakti: Babak Pertama Pemain Down

Admin
Minggu, 18 November 2018 - 17:19
kali dibaca
Ekspresi gelandang Indonesia, Stefano Lilipaly dan rekan-rekannya setelah Thailand mencetak gol dalam laga lanjutan Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand. Foto: Antara
Mediaapakabar.com - Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, Bima Sakti, mengatakan jika Thailand mampu membuat kejutan sehingga timnya kalah 2-4 pada pertandingan Piala AFF 2018 Grup B di di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Sabtu 17 November.

Bima menyebut pada awal pertandingan Hansamu Yama dan kawan-kawan mampu bermain apik dan mampu menyulitkan pergerakan pemain tuan rumah. Konsentrasi bermain terus berjalan dengan baik hingga tercipta gol pertama lewat Zulfiandi pada menit ke-29.

Namun, pada akhir babak pertama konsentrasi pemain Indonesia mengalami penurunan sehingga tuan rumah Thailand mampu menyamakan kedudukan pada menit 38 lewat Korrakot Wiriya. Kondisi ini membuat koordinasi antarlini mulai bermasalah.

"Gol Thailand (Pansa Hemviboom) pada menit akhir babak pertama membuat pemain down. Saat jeda, kami terus memotivasi pemain tapi belum bisa maksimal," kata Bima Sakti seusai pertandingan seperti yang dikutip dari Tempo.co.

Pada babak pertama, timnas Garuda yang sempat unggul harus tertinggal 1-2. Kondisi ini membuat timnas sulit berkembang pada babak kedua. Apalagi, Thailand didukung dengan materi pemain yang komplet mulai dari lini pertahanan, tengah hingga depan.

Indonesia hingga menit 74 tertinggal 1-4 setelah Adisak Kraisorn dan Pokklaw A-Nan memperdayai penjaga gawang timnas Garuda Awan Setho. Namun, pada menit 89 Fachruddin Aryanto baru mampu memperkecil ketertinggalan.

"Sebenarnya anak-anak motivasinya sempat bangkit. Namun, semuanya sudah terlambat. Kami akui Thailand bermain bagus pada pertandingan tadi," kata mantan asisten Luis Milla itu.

Mantan pemain Persema Malang ini mengatakan tim lawan memang bisa dikatakan kuat di semua lini meski sempat kecolongan. Kondisi ini membuat pola serangan yang dibangun anak asuhnya tidak berjalan sesuai rencana.

Dengan kekalahan dari Thailand, Indonesia harus melorot ke posisi empat klasemen Grup B Piala AFF dengan raihan tiga poin dari tiga pertandingan. Saat ini timnas tinggal menyisakan satu pertandingan, yaitu melawan Filipina di Jakarta, 25 November 2018.
Share:
Komentar

Berita Terkini