"Smartphone" dengan Layar Hologram Mendekati Kenyataan

Media Apa Kabar
Kali Dibaca
ilustrasi. int
Mediaapakabar.com, Kehadiran smartphone dengan layar hologram sudah semakin mendekati kenyataan. Pasalnya, para peneliti telah berhasil membuat salah satu komponen yang diperlukan untuk menghadirkan smartphone tersebut.

Komponen itu berupa layar hologram yang diklaim tertipis di dunia. Proyeksi hologram dari layar tersebut bisa dilihat tanpa harus memakai peralatan berukuran jumbo atau kacamata khusus.

Selama ini, teknologi smartphone dengan layar yang mendukung hologram hanya ada di dalam film-film fiksi ilmiah. Sedangkan di dunia nyata, menampilkan hologram masih belum dimungkinkan karena membutuhkan alat berukuran super besar. Mustahil untuk memasukkan komponen tersebut ke sebuah smartphone.

Agar layar hologram bisa masuk ke smartphone, ukurannya minimal harus setipis kertas. Nah, layar hologram yang dibuat para peneliti dari RMIT di Melbourne, Australia, ternyata lebih tipis, yakni sekitar 60 nanometer atau 1.000 kali lebih tipis dibanding rambut manusia.

Namun sebagaimana dilansir KompasTekno dari Slashgear, Selasa (23/5/2017), terwujudnya layar hologram itu sebagai purwarupa baru sekadar satu langkah maju. Berikutnya masih ada langkah-langkah lain yang mesti ditempuh sehingga teknologi tersebut dapat benar-benar dipakai banyak orang.

Para peneliti harus berhasil menyelesaikan tantangan teknis dan manufaktur, lalu mengubah purwarupa itu menjadi komponen hardware yang benar-benar bisa disematkan di smartphone. Setelah semuanya terwujud maka abad baru dalam teknologi hologram untuk konsumer akan dimulai dan bisa jadi akan muncul di dalam smartphone.

[tekno.kompas]
Share:
Komentar

Berita Terkini