Penghitungan Suara di Medan Selesai Diungguli Prabowo-Gibran

Daniel Gultom
Rabu, 13 Maret 2024 - 09:22
kali dibaca
Ketua KPU Medan Mutia Atiqa 

Mediaapakabar.com
- Proses rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan selesai (tuntas-red) pada Selasa (12/03/2024). 

Rekapitulasi tersebut diperkirakan agak terlambat 2 hari dari jadwal KPU yang seharusnya selesai Minggu (10/03/2024). 
Ketua KPU Medan Mutia Atiqa mengungkapkan bahwa keterlambatan itu lantaran laporan dugaan pergeseran suara oleh partai politik. 
 
 " Yang membuat agak alot biasanya, karena adanya dugaan pergeseran suara dari internal partai, antar caleg yang menimbulkan keberatan kemudian membuat laporan ke Bawaslu. Kemudian ada saran perbaikan," sebutnya pada wartawan di Hotel Le Polonia Medan, Selasa malam (12/03/2024). 

Akibat perubahan itu, dilakukan hitung ulang baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan. Hal itu membuat proses rekapitulasi berjalan tidak sesuai target waktu. 

" (Dari laporan keberatan) Bawaslu meminta agar hitung ulang dengan cara membuka C hasil atau plano sehingga ini membutuhkan waktu karena bukan hanya satu, dua TPS yang dibuka C planonya, tapi bisa satu kelurahan, bahkan satu kecamatan," jelasnya. 

" Ini membutuhkan waktu dan merupakan faktor kenapa perhitungan rekapitulasi suara Kota Medan ini agak lambat," tambahnya. 

Meski proses rekapitulasi telah selesai, ada beberapa catatan yang harus kembali dibahas di rekapitulasi tingkat provinsi. 
 
" Masih ada beberapa syarat, D keberatan dan D kejadian khusus yang masih harus ditindaklanjuti pada saat pembacaan rekapitulasi perolehan suara KPU Kota Medan, di tingkat provinsi," ungkapnya. 

Dia menuturkan, berdasarkan hasil rekapitulasi Kota Medan, khusus Pemilihan Presiden (Pilpres), pasangan Calon 
Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari paslon lain. 

Pasangan tersebut memeroleh 599.257 suara, sementara Paslon nomor urut 01, Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar  484.174 suara. Sedangkan paslon 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat 163.049 suara. 

" Dari sisi persentase yang kita lihat, untuk Paslon 01, Paslon 02, Paslon 03 berbeda ya, di data kami yang unggul itu Paslon 02, nanti bisa dilihat datanya, karena sudah dituangkan dalam surat keputusan KPU Medan," tandasnya. (MC/REL)

Share:
Komentar

Berita Terkini