Warga Menjerit Akibat Harga Beras Medium dan Premium Melejit

Media Apakabar.com
Rabu, 21 Februari 2024 - 22:19
kali dibaca

Mediaapakabar.com
- Warga Kota Depok mulai 'menjerit' akibat naiknya harga beras yang sudah terjadi sejak satu bulan lalu. Kenaikan harga beras di Kota Depok yang terjual di sejumlah pasar tradisional mencapai Rp16 ribu hingga Rp17 ribu per kilogram (Kg).

Salah seorang pedagang beras Pasar Agung, Iskandar mengakui terjadi kenaikan harga beras kelas medium dan premium sejak sebulan lalu. 

Awalnya kenaikan harga beras mencapai Rp2 ribu dan kini menjadi Rp3 ribu per Kg." Biasanya kami menjual beras untuk kategori medium Rp12 ribu, kini menjadi Rp15 ribu per kilogram," sebutnya pada wartawan, Selasa (20/02/2024).                                 

Adapun beras medium yang dijual pedagang kepada pembeli, merek Sentra Ramos dengan harga Rp15 ribu per Kg dan beras program Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Rp10.900 per Kg. 
Sebelum mengalami kenaikan, harga beras kualitas medium Rp12 ribu, kini menjadi Rp15 ribu per Kg. " Selama satu bulan ini untuk medium kenaikannya mencapai Rp3 ribu per kilogram, tapi berbeda dengan beras SPHP, penjualannya tetap sesuai HET (harga eceran tertinggi) yang telah ditentukan," ucapnya. 

Iskandar menuturkan, harga beras jenis premium turut mengalami kenaikan cukup signifikan dibandingkan bulan lalu. Tercatat, beras premium dengan merek Jeruk Garut, yang sebelumnya dijual Rp14 ribu menjadi Rp17 ribu per Kg.

" Rata-rata kenaikan beras premium sekitar Rp2 ribu sampai Rp3 ribu, tergantung dari merek dan kualitas beras," pungkasnya. (MC/Idnt)

Share:
Komentar

Berita Terkini