Mendag Klaim Harga Telur Sudah Normal Meski Tak Seperti Dulu

REDAKSI
Kamis, 06 Juli 2023 - 20:12
kali dibaca
Ket Foto: Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim harga telur sudah normal lagi meski belum kembali ke level sebelumnya. (Arsip Humas Kementerian Perdagangan).

Mediaapakabar.com
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengklaim harga telur sudah normal lagi meski belum kembali ke level sebelumnya.

Menurutnya, saat ini harga telur ayam sudah berada di bawah Rp30 ribu per kilogram (kg) atau sudah turun dari sebelumnya sempat menyentuh Rp32 ribu per kg.


"Memang harga telur belum seperti dulu, dulu terlalu murah, maka dipotong, ayamnya dipotong dijual," ujarnya dikutip dari antara, Kamis (6/7/2023).


Pria yang akrab disapa Zulhas ini menyebutkan harga telur saat ini termasuk normal. Sebab, jika kembali ke sebelumnya sekitar Rp25 ribu per kg justru akan memberatkan produsen.


Pasalnya, produsen membeli telur ayam sekitar Rp28 ribu per kg. Jika dijual lagi Rp25 ribu, maka akan rugi dan tidak ada yang mau menjual telur ayam.


"Telur itu Rp28 ribu dijualnya Rp25 ribu ya rugi lah. Akhirnya ayamnya induknya dipotong, terjadi supply on demand, supply-nya kurang. Kalau suplai kurang kan harganya naik, nah sekarang udah turun," tambahnya.


Selain telur, harga daging ayam juga dinilai sudah cukup murah. Menurutnya, harga ayam sekitar Rp32 ribu per kg justru tidak adil bagi pedagang.


"Sekarang sudah harga normal, dari Rp46 ribu sekarang sudah menjadi Rp39 ribu di Jawa Tengah, kalau di luar Jawa iya masih mahal," pungkasnya. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini