Manfaatkan Sistem Digitalisasi, Pedagang Sayur di Pasar Petisah Sebut Keuntungan Bertambah

REDAKSI
Kamis, 25 Mei 2023 - 03:25
kali dibaca

Mediaapakabar.com
Hantaman pandemi covid-19 pada tahun 2019 memaksa Heri Kesuma mencari cara agar usaha jualan sayurnya tak tumbang. Heri kemudian coba beradaptasi dengan memanfaatkan digitalisasi yakni marketplace dalam memasarkan dagangannya.

Tak dinyana, keputusannya tersebut saat ini membawa keberkahan. Heri mengaku omset yang diperolehnya tak hanya dari pelanggan yang datang ke lapaknya di Pasar Petisah saja, tetapi juga pelanggan yang memesan secara daring (online).


"Covid-19 membuat saya harus mencari berbagai cara agar usaha tidak gulung tikar. Akhirnya, saya memberanikan diri untuk mencoba berjualan secara online," kata Heri yang ditemui di Pasar Petisah, Selasa (23/5/2023). 


Pada awalnya, kata Heri, dirinya merasa kebingungan dengan sistem penjualan online. Namun seiring waktu berjalan, Heri mulai merasakan manfaat menjajakan dagangan secara daring. 


Heri menyebut ia bekerja sama dengan sejumlah aplikasi untuk menjual sayur mayurnya. Tak hanya itu, Heri juga bersyukur lantaran program digitalisasi ini mendapat dukungan pula dari Pemko Medan melalui PUD Pasar Medan.


Bahkan dengan memanfaatkan sistem online, Heri menyebut keuntungannya dalam berjualan bertambah. Oleh karena itu, Heri mengajak pedagang lainnya untuk mencoba beradaptasi memanfaatkan sistem digital dalam mengembangkan usaha.


"Saya tahu kalau Pak Wali ingin UMKM itu naik kelas dengan cara memanfaatkan digitalisasi. Alhamdulillahnya, PUD Pasar mau mengajak dan mendukung pedagang untuk coba memanfaatkan digitalisasi. Saya rasakan omset keuntungannya jadi bertambah," beber Heri.


Terpisah, Dirut PUD Pasar Medan Suwarno menjelaskan pihaknya mengedepankan kolaborasi dalam pemanfaatan sistem digitalisasi. Hal ini tak terlepas dari program Wali Kota Medan Bobby Nasution yang ingin UMKM di Kota Medan lebih terbuka pasarnya dengan memanfaatkan sistem digitalisasi marketplace. Salah satu kolaborasi yakni dengan mengajak pihak perbankan hingga aplikasi berbasis online dalam pengembangan. 


"Sosialisasi dan edukasi ke pedagang mengenai manfaat sistem digitalisasi dalam memasarkan produk, secara berkelanjutan terus kami sampaikan. Mudah-mudahan hal tersebut bisa membuat jangkauan pelanggan lebih luas lagi. Kami juga berharap pihak-pihak terkait seperti perbankan hingga penyedia aplikasi marketplace dapat berkolaborasi untuk memperkuat ekosistem digital," pungkasnya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini