Bus Mudik Pemko Medan Masuk Jurang di Tapteng

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 22 April 2023 - 03:08
kali dibaca
Ket Foto: Bus rombongan mudik gratis Pemko Medan terguling di Tapteng.

Mediaapakabar.com – Satu unit mobil bus mudik gratis Pemerintah Kota (Pemko) Medan terperosok ke jurang di Jalan Rampa-Poriaha, Desa Rampa, Tapanuli Tengah. Kecelakaan itu disebabkan mesin bus yang mendadak mati saat melintas di jalan menanjak.


Kasubbag Humas Polres Tapteng, AKP Horas Gurning menjelaskan kronologi kejadian yang terjadi pada Kamis (20/4/2023) sekitar pukul 11.30 WIB itu.


"Bus Almasar mobil mudik gratis dari Pemko Medan ini bermuatan 27 penumpang. Awalnya melintasi Jalan Rampa-Poriaha yang cukup menanjak," kata Horas, Jumat (21/4/2023).


Sopir bus tersebut, kata Horas meminta kepada rekannya untuk menurunkan penumpang ketika mesin bus mati sewaktu menanjak.


"Saat menanjak itu, mesin busnya tiba-tiba mati. Sehingga diperintahkan sopir serap saat itu seluruh penumpang turun dari bus sembari mengerem," tambahnya.


Saat seluruh penumpang itu telah turun semua, sopir serap menyuruh sopir utama untuk mengganjal ban bus agar tidak mundur.


Setelah itu, sopir utama kembali mengambil kendali dan menyuruh sopir serap untuk membuka ganjalan mobil tersebut. Nahas, mobil itu justru mundur dan tak terkendali hingga masuk ke jurang.


"Busnya mundur dan masuk ke lereng jurang," ucapnya.


Setelah itu, pihak kepolisian setempat turun ke lokasi untuk mengevakuasi bus itu. Kini, bus itu telah diamankan di kantor lantas polisi setempat.


"Sementara penumpangnya dibawa bus lain untuk sampai ke tujuan," katanya. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini