Optimalkan Hasil Budidaya, Pertagas Selenggarakan Pelatihan Olahan Ikan Lele di Stabat Lama

Media Apakabar.com
Kamis, 01 Desember 2022 - 16:09
kali dibaca
Foto: Optimalkan Hasil Budidaya, Pertagas Selenggarakan Pelatihan Olahan Ikan Lele di Stabat Lama.

Mediaapakabar.com
- PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan afiliasi Subholding Gas Pertamina  menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan perempuan berupa pelatihan pengolahan makanan dan tabur benih ikan lele di Desa Stabat Lama Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat pada Rabu (30/11).

Pelatihan ini  sebagai bentuk upaya Pertagas Operation North Sumatera Area (ONSA) dalam meningkatkan wawasan dan keterampilan masyarakat khususnya kelompok rentan yakni perempuan. Diikuti 20  ibu-ibu dari Dusun IX, pelatihan ini menghadirkan ruli susanti dan Wirna sebagai instruktur yang telah sukses dalam menggeluti usaha keripik lele, dan olahan lainnya.

Ikan lele sebagai bahan utama makanan olahan nantinya akan didapat dari Kelompok Usaha Tani Berkah yang merupakan mitra binaan Pertagas yang menggeluti budidaya lele sejak 2021. Pada kesempatan ini Pertagas kembali memberikan sebanyak 16.000  benih ikan lele yang dibagikan secara bertahap sehingga  rantai pasokan  kebutuhan ikan lele untuk diolah akan selalu ada setiap harinya.

Dibyo Parapat selaku Head of District Pangkalan Berandan Pertagas menyampaikan “Ini adalah tahun kedua Pertagas membina masyarakat Desa Stabat Lama yang masuk dalam ring 1 perusahaan. Harapan kami pendampingan budidaya  ikan  lele dan pelatihan pengolahan makanan dengan pemberdayaan perempuan akan berdampak kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat”

Dalam kegiatan ini turut hadir Sunaryo selaku Camat Wampu yang didampingi oleh  perangkat Desa serta perwakilan warga. Dalam sambutannya, Sunaryo menyampaikan ucapan terima kasih atas peran Pertagas yang bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kegiatan CSR di Desa Stabat Lama sudah di inisiasi Pertagas ONSA sejak tahun 2021 untuk menjawab kebutuhan masyarakat dengan mengedepankan potensi Desa melalui budidaya lele. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini