Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Pemkab Taput Sambut Baik Kerjasama dengan Yayasan MCI Didukung The Starbucks Foundation

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 09 November 2022 - 17:44
kali dibaca
Ket : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan didampingi Kadis Pertanian Sey Pasaribu dan beberapa pimpinan OPD terkait melaksanakan penandatanganan naskah kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama antara Mercy Corps Indonesia (MCI) dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tentang program Mamora (brewing change: empowering women in indonesia coffee origin communities/pemberdayaan perempuan/istri petani kopi) di Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Senin (07/11/2022). 

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan didampingi Kadis Pertanian Sey Pasaribu dan beberapa pimpinan OPD terkait melaksanakan penandatanganan naskah kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama antara Mercy Corps Indonesia (MCI) dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara tentang program Mamora (brewing change: empowering women in indonesia coffee origin communities/pemberdayaan perempuan/istri petani kopi) di Kabupaten Tapanuli Utara Provinsi Sumatera Utara, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Senin (07/11/2022). 

Turut hadir Pak Ade Soekadis - Executive Director Mercy Corps Indonesia dan Robertus Tri Hastoaji - FSC Agronomist Starbucks.


Dalam sambutannya, Bupati Taput Nikson Nababan menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara menyambut baik pelaksanaan kerja sama dengan yayasan Mercy Corps Indonesia  yang didukung oleh The Starbucks Foundation.


"Pelaksanaan kerja sama ini dalam rangka pelaksanaan program Mamora yaitu pemberdayaan perempuan/istri petani kopi di Kabupaten Tapanuli Utara secara khusus di kecamatan yang menjadi lokus pertama pelaksanaan kerja sama ini, yaitu Kecamatan Pagaran: Desa Lumban Silintong Desa Dolok Saribu, Desa Parhorboan, Desa Banua Luhu, Desa Lubis, Kecamatan Siborongborong : Desa Silait – Lait, Desa Siaro Desa Siborongborong, Desa Lobu Siregar, Desa Paniaran." ujar Bupati mengawali. 


"Saya perintahkan para pimpinan perangkat daerah yang menandatangani perjanjian kerja sama, harus mengawal dan melaporkan pelaksanaan kerja sama ini kepada saya dan tembusan kepada tim koordinasi kerja sama daerah (TKKSD) Kabupaten Tapanuli Utara. Para Para Camat, Kepala Desa, dan Kepala Puskesmas se-Kecamatan Siborongborong dan Pagaran, agar tetap mendampingi masyarakat selama pelaksanaan program Mamora ini.  Berdayakan tim penggerak PKK tingkat Desa dan Kecamatan untuk berperan aktif menghimbau serta mengajak para perempuan/istri petani kopi di wilayah saudara untuk mensukseskan program Mamora ini" tambah Bupati Nikson Nababan. 


"Saya berharap pelaksanaan kerja sama ini bukan hanya sebatas tanda tangan, tetapi harus berhasil menciptakan perempuan/istri petani kopi yang terampil dan inovatif serta mandiri; perempuan/istri petani kopi yang mapan dan mampu dalam mengelola keuangan untuk meningkatkan ekonomi keluarganya dan perempuan/istri petani kopi yang terlatih untuk pola hidup bersih sebagai salah satu usaha dalam mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Tapanuli Utara. 

Akhir kata, saya sampaikan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya kepada The Starbucks Foundation yang telah berpartisipasi dan mensukseskan pelaksanaan program Mamora di Kabupaten Tapanuli Utara," tutup Bupati Nikson Nababan. 


Dalam laporan Ketua Tim Koordinasi Kerjasama Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Drs. Indra Simaremare, M.Si yang dalam hal ini dibacakan oleh Kabag Tata Pemerintahan Josua Napitupulu, menyampaikan bahwa kerja sama antara MCI dan Pemkab Taput merupakan kerja sama dengan pihak ketiga (KSDPK), dengan maksud dan tujuan antara lain :meningkatkan kualitas kesehatan keluarga petani kopi melalui edukasi kesehatan dan fasilitas wash (water, sanitation, hygiene/air, sanitasi, higiene), meningkatkan ketahanan ekonomi perempuan petani kopi dan keluarganya melalui literasi keuangan dan bisnis, dan pengembangan agripreneurship (kewirausahaan dalam bidang pertanian) dan kewirausahaan selain bidang pertanian, bagi perempuan muda (usia 18 – 35 tahun) dari keluarga petani kopi.


Adapun pelaksanaan penandatanganan kesepakatan bersama antara yayasan mercy corps indonesia yang dalam hal ini dilaksanakan oleh bapak ade soekadis selaku direktur eksekutif mercy corps indonesia dan pemerintah kabupaten tapanuli utara yang dilaksanakan oleh bapak Bupati Tapanuli Utara dan pelaksanaan penandatanganan perjanjian kerja sama juga dilaksanakan dengan Pimpinan Perangkat Daerah Tapanuli Utara yaitu kepala Bappedalitbang, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PPKBP3A, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas pertanian, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini