Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Pelajar Pelaku Pembunuhan Dihukum 6 Tahun Penjara

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 20 November 2022 - 14:03
kali dibaca
Ket Foto: Ilustrasi. 

Mediaapakabar.com
Seorang pelajar berinisial DAS dihukum 6 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan yang diketuai Donald Panggabean. 

Remaja berusia 16 tahun itu dinilai terbukti bersalah melakukan pembunuhan terhadap korban DWCS (29). Putusan itu dibacakan pada Jumat (18/11/2022) lalu.


Majelis hakim menilai perbuatan DAS terbukti bersalah melanggar Pasal 338 KUHP tentang menghilangkan nyawa orang lain.


Dalam nota putusanya, majelis hakim dalam pertimbangannya mengatakan adapun hal yang memberatkan DAS karena perbuatannya mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain.


"Sementara hal yang meringankan, DAS merupakan anak dibawah umur, masih berstatus pelajar dan bersikap sopan selama persidangan serta mengakui perbuatannya," sebut hakim Donald.


Putusan itu lebih berat dari tuntutan JPU Buha Reo Saragi yang sebelumnya menuntut DAS dengan pidana penjara selama 5 tahun.


Menanggapi putusan itu, baik Jaksa Penuntut Umum (JPU) maupun DAS masih menyatakan pikir-pikir, apakah menerima atau mengajukan banding.


Diketahui bahwa kasus ini bermula pada Oktober 2022 lalu di Kecamatan Medan Timur. Rumah korban didatangi segerombolan pemuda termasuk DAS dan terjadi cekcok mulut.


Singkat cerita, korban dan DAS berkelahi membuat DAS mengeluarkan senjata tajam (pisau) dan menusuk ulu hati korban. Naasnya, saat keluarga membawa ke rumah sakit korban sudah tidak bernyawa. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini