Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Pakai Mobil Dinas Listrik Selama KTT G20

Aris Rinaldi Nasution
Senin, 14 November 2022 - 15:24
kali dibaca
Ket Foto: Mobil dinas listrik yang digunakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit selama KTT G20.  

Mediaapakabar.com
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas selama pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. 

Penggunaan mobil listrik itu dinilai sebagai wujud dukungan Polri terhadap keseriusan Indonesia dalam upaya mencapai nol emisi karbon dan mendukung penggunaan green energy.


"Ini dalam rangka mendukung penyelenggaraan KTT G20 di Bali yang dalam pelaksanaan operasional menggunakan mobil listrik. Ini juga sebagai wujud mendukung energi ramah lingkungan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulis, Senin, 14 November 2022.


Kapolri menggunakan mobil listrik bermerek Hyundai tipe Ionic 5 warna hitam. Mobil ramah lingkungan itu digunakan Tribrata (TB) 1 usai menghadiri HUT ke-77 Brimob di kawasan ITDC, Nusa Dua, Bali.


Sebelumnya, Kapolri menyebut acara ulang tahun Korps Brigade Mobil (Brimob) tersebut berlangsung sederhana, karena tengah fokus pengamanan KTT G20. Meski begitu, dia berharap Brimob tak berkecil hati dan bisa menyukseskan Presidensi G20.


"Kita berdoa bersama agar Brimob khususnya sukses dalam pengamanan KTT G20 dan tentunya ke depan Brimob akan semakin jaya dan semakin hebat dalam berbakti untuk negeri," ujar Kapolri.


Penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas telah diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Instruksi itu melalui Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.


Dalam pertemuan pimpinan dunia pada KTT G20 nanti menjadi awal konversi mobil listrik di Indonesia. Setidaknya ada 616 unit kendaraan listrik yang akan dioperasikan selama KTT G20 digelar, yakni 15-16 November 2022. Mobil listrik itu di antaranya 123 unit berupa Genesis G80 untuk tamu VVIP, 246 Hyundai Loniq buat para delegasi, 124 unit Hyundai Loniq buat leadcar, dan 123 unit Lexus UX300e untuk pengamanan.


Sementara itu, Polri sendiri menyiapkan 176 kendaraan listrik. Terdiri dari 88 unit kendaraan roda empat dan 88 unit kendaraan roda dua. (MC/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini