Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Jelang KTT G20, Luhut Belum Bisa Pastikan Kehadiran Putin

Aris Rinaldi Nasution
Selasa, 08 November 2022 - 08:26
kali dibaca
Ket Foto : Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan mengatakan pemerintah Indonesia masih menunggu jawaban dari Presiden Vladimir Putin ihwal kehadirannya di KTT G20. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Mediaapakabar.com
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sudah ada 16 kepala negara yang mengkonfirmasi bakal hadir dalam KTT G20 15-16 November di Bali.

"Kepala Negara yang datang sampai hari ini ada 16. Kita, masih menunggu satu atau dua Kepala Negara lagi yang mungkin datang. Tapi, Kepala Negara besar saya lihat semua sudah hadir," kata Luhut saat konferensi pers di Bali, Senin (7/11/2022).


Dia menyebut kepala negara Amerika Serikat dan China sudah konfirmasi bakal hadir. Berbeda halnya dengan Rusia.


Luhut belum bisa memastikan kepala negara Rusia yakni Vladimir Putin bakal hadir atau tidak dalam puncak KTT G20 di Bali.


"Yang di tengah-tengah (Rusia) kita belum tahu. Kita masih tunggu jawabannya," ucap Luhut.


Luhut lalu menjelaskan bahwa begitu banyak kepala negara yang akan hadir lantaran Presiden Jokowi begitu dihormati di mata dunia.


Menurutnya, faktor Jokowi sangat menentukan para kepala negara ingin hadir langsung dan tidak diwakilkan dalam KTT G20 di Bali.


Bahkan, mendekati KTT G20, Jokowi juga harus menghadiri pertemuan bilateral dengan berbagai negara.


"Saya kira, itu satu wujud bagaimana orang, negara-negara lain melihat Presiden Jokowi itu dihormati sebagai presiden yang mampu membawa Indonesia kepada posisi yang seperti sekarang ini," kata Luhut. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini