Hasil Piala Dunia 2022, Belgia vs Kanada: Skor Tipis 1-0

REDAKSI
Kamis, 24 November 2022 - 09:04
kali dibaca
Ket Foto: Bek kiri Kanada, Alphonso Davies menjaga penguasaan bola dari gelandang Belgia, Youri Tielemans pada laga pertama Grup F Piala Dunia 2022, Kamis (24/11/2022).

Mediaapakabar.com
Generasi emas Belgia memulai Piala Dunia 2022 dengan catatan positif. Belgia menang tipis 1-0 atas Kanada di Ahmed bin Ali Stadium pada laga pembuka Grup F, Kamis (24/11/2022) dini hari WIB.

Michy Batshuayi menjadi pahlawan Belgia karena gol semata wayangnya di menit ke-44 memastikan The Red Devils mengais tiga poin berharga.


Sepanjang pertandingan, Belgia bukanlah tim yang dominan. Sembilan tembakan saja berhasil dilepaskan skuad asuhan Roberto Martinez. Jumlah itu berbanding terbalik dengan total 21 tembakan milik Kanada.


Kemenangan yang baru saja diraih Belgia menempatkan mereka di puncak klasemen sementara. Kanada harus berada di posisi juru kunci sebagai satu-satunya tim di Grup F yang gagal mengais poin.


Babak Pertama

Kanada tampil agresif dengan agresif terhadap bangun serangan Belgia. Dari aspek serangan pun, Kanada berusaha memainkan umpan-umpan vertikal untuk menyerang.


Dalam delapan menit pertama, Kanada sukses mengurung Belgia di pertahanannya sendiri. Tiga tembakan dari dalam kotak penalti berhasil dibuat oleh Jonathan David dkk.


Kesempatan terbaik hadir di menit ke-10. Semenit sebelumnya, VAR memastikan Yannick Carrasco melakukan handball di dalam kotak penalti. Wasit utama Janny Sikazwe memutuskan memberikan penalti kepada Kanada.


Alphonso Davies maju sebagai eksekutornya. Pemain Bayern Munchen itu mengincar sisi kanan bawah kiper Thibaut Courtois, tetapi berhasil dihentikan dengan sempurna.


Selepas itu, serangan Kanada tidak kendur. Total 14 tembakan dilepaskan dan hanya dua di antaranya yang berasal dari luar kotak penalti. Namun, tidak ada satupun serangan yang berbuah gol.


Belgia yang tertekan mengandalkan serangan balik cepat. Peluangnya minim memang. Hanya ada empat tembakan yang dibuat Belgia selama babak pertama.


Hanya saja, serangan di menit ke-44 berbuah signifikan. Dari situasi transisi, Batshuayi memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menggetarkan gawang Kanada.


Gol tersebut menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 bagi Belgia.


Babak Kedua

Intensitas tinggi yang dipasang Kanada di babak pertama menurun drastis di babak kedua. Permainan cepat di kedua sayap dan umpan-umpan vertikal jadi lebih jarang terjadi.


Di samping itu, Belgia yang memulai babak kedua dengan dua pergantian pemain membuat permainannya lebih solid, terutama di sisi sayap.


Selama 30 menit pertandingan berjalan di babak kedua, Kanada terlihat sangat kesulitan. Empat tembakan saja yang berhasil dilepaskan, tanpa ada yang begitu berbahaya.


Walaupun begitu, Kanada masih bermain dengan blok tinggi yang sama. Celah itu yang dimanfaatkan Belgia untuk terus menyerang. Ruang-ruang kosong yang terbuka dimanfaatkan trisula Belgia ditambah de Bruyne.


Peluang terbaik Kanada baru datang lagi di menit ke-80. Berawal dari umpan silang di sayap kanan, Jonathan David sendirian menyundul bola ke arah yang jauh dari jangkauan kiper. Tetapi Cortouis kembali jadi tembok yang sulit ditaklukkan.


Intensitas permainan semakin menurun dari Kanada. Di saat yang bersamaan, serangan Belgia semakin tidak terorganisasi meski berkali-kali dapat peluang dari transisi.


Belgia menutup pertandingan dengan sembilan tembakan yang bernilai 0,76 xG. Sementara itu, Kanada mampu melepaskan 22 tembakan dengan xG senilai 2,57.


Susunan Pemain

Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Leander Dendoncker, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Youri Tielemans (Amadou Onana 46’), Axel Witsel, Yannick Carrasco (Thomas Meunier 46’); Kevin de Bruyne, Eden Hazard (Leandro Trossard 62’); Michy Batshuayi (Ikoma Lois Openda 78’).

Pelatih: Roberto Martinez


Kanada (3-4-2-1): Milan Borjan; Alistair Johnston, Steven Vitoria, Kamal Miller; Junior Hoilett (Cyle Larin 58’), Atiba Hutchinson (Ismael Kone 58’), Stephen Eustaquio (Jonathan Osorio 81’), Richie Laryea (Sam Adekugbe 74’); Tajon Buchanan (Lima Millar 81’), Alphonso Davies; Jonathan David.

Pelatih: John Herdman. (BN/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini