Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Dirut PUD Pasar Medan Dorong Pedagang Gunakan Pembayaran Non-Tunai, Lebih Aman dan Efisien

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 10 November 2022 - 17:11
kali dibaca
Ket Foto : Dirut PUD Pasar Medan Suwarno dalam kegiatan Kampanye Belanja Bijak dengan QRIS: Pengendalian Inflasi Menjelang HBKN Natal dan Tahun Baru 2023 serta Edukasi Keuangan Digital yang digelar di Pasar Sukaramai, Kota Medan, Kamis (10/11/2022). 

Mediaapakabar.com
Para pedagang di pasar tradisional diharap dapat beradaptasi dengan mulai menggunakan pembayaran non-tunai. Salah satu kelebihan memakai pembayaran ini adalah menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. 

Hal itu disampaikan Dirut PUD Pasar Medan Suwarno dalam kegiatan Kampanye Belanja Bijak dengan QRIS: Pengendalian Inflasi Menjelang HBKN Natal dan Tahun Baru 2023 serta Edukasi Keuangan Digital yang digelar di Pasar Sukaramai, Kota Medan, Kamis (10/11/2022). 


Suwarno menuturkan berdasarkan arahan dari Wali Kota Medan Bobby Nasution, pemanfaatan digitalisasi harus dirasakan oleh pedagang. Oleh karena itu, Suwarno menyampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan Sumut dan perbankan atas kolaborasi yang dibangun dalam mengembangkan digitalisasi, termasuk dalam hal pembayaran non-tunai.


Sejauh ini, lanjut Suwarno, pihaknya melalui para kepala pasar terus mensosialisasikan dan mengedukasi kepada para pedagang agar mulai memakai pembayaran non-tunai. 


"Pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia tentunya untuk mempermudah proses transaksi, mempercepat, dan terjaga keamanannya. Kalau dulu dompet  ketinggalan kita kebingungan karena uang di situ, nah sekarang ini kan berbeda, kalau HP ketinggalan kita cemas karena di situ ada juga akun yang kita pakai untuk pembayaran non-tuna. Saya mengajak kepada rekan-rekan pedagang untuk mulai menggunakan metode pembayaran ini," sebut Suwarno.


Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut  Azka Subhan menyampaikan terima kasih kepada Pemko Medan melalui PUD Pasar Medan telah ikut membantu program dari Bank Indonesia. 


Azka menuturkan bahwa tidak mudah untuk meyakinkan masyarakat menggunakan pembayaran non-tunai lantaran ini merupakan sesuatu yang baru. Akan tetapi, Bank Indonesia, kata Azka, siap berkolaborasi salah satunya dengan PUD Pasar untuk terus mengenalkan metode pembayaran ini kepada masyarakat. 


"Kami berharap agar transaksi pembayaran non-tunai menggunakan QRIS dapat lebih meningkat di masyarakat maupun pedagang. Di kesempatan ini pula kami mengingatkan agar belanja bijak menjelang hari besar untuk mengendalikan inflasi," pungkasnya. 


Hadir pada acara ini antara lain Area Head Bank Mandiri Kota Medan Bapak M Afriazi, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut Bapak Azka Subhan, Dirkeu/Adm PUD Pasar Medan Fernando Napitupulu, dan Dirbang/SDM Imam Abdul Hadi. (MC/REL)

Share:
Komentar

Berita Terkini