Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Gedung Baru Kejari Medan yang Ambruk Gunakan Dana Hibah Rp 2,5 Miliar!

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 13 November 2022 - 01:04
kali dibaca
Ket Foto : Gedung Baru Kejari Medan yang sebagian bangunan tersebut ambruk pada Jumat, 11 November 2022 pagi. 

Mediaapakabar.com
Pembangunan gedung baru berlantai II di Kejaksaan Negeri (Kejari) Medan yang masih dalam pengerjaan, tapi sudah mengalami kerusakan dikarenakan ambruknya sebagian bangunan, pada Jumat (11/11/2022) pagi, ternyata menggunakan dana hibah dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan bersumber APBD Tahun 2022 senilai Rp2,5 miliar.

Hal itu dilihat mediaapakabar.com dari situs Layanan Pengadaan Barang/Jasa Secara Elektronik (LPSE) Pemko Medan, pada Sabtu, 12 November 2022.


Dalam situs tersebut, tertulis pembangunan/rehabilitasi hibah gedung Kantor Kejari Medan per tanggal 31 Januari 2022 yang dikerjakan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan dengan nilai pagu sebesar Rp2,5 miliar.


Namun, terlihat dari bentuk fisik bangunan dengan besarnya anggaran yang terserap tidak sesuai dengan pengerjaan, sehingga hal itu diduga menyebabkan sebagian bangunan baru tersebut ambruk.


Wali Kota Medan Bobby Nasution melalui Kepala Dinas (Kadis) Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan Endar Sutan Lubis ketika dikonfirmasi mengaku akan memperbaiki bangunan tersebut.


"Terima kasih infonya, kita akan memperbaiki kerusakan bangun tersebut, nantinya kita akan panggil pemborongnya, apabila benar ada kesalahan kita akan memberikan sanksi dengan meminta agar bangunan tersebut dibangun ulang," katanya kepada mediaapakabar.com, Jumat, 11 November 2022 siang.


Diberitakan sebelumnya, gedung baru berlantai dua yang akan dijadikan gedung Pidsus Kejari Medan tersebut diketahui dulunya merupakan pos tempat satpam bertugas. Namun, pada Jumat, (11/11/2022) pagi, sebagian bangunan tersebut ambruk. 


Dari pantauan di lokasi, tanpa rangka besi dan kayu (bekisting) bangunan yang berada dekat  talang air di lantai 2 gedung yang tengah dibangun itu ambruk. Terlihat juga pinggiran atap yang rusak dan jatuh ke halaman gedung. 


Besi baja ringan yang menopang atap itu pun berjatuhan. Ditambah, serpihan bahan bangunan masih berserakan di halaman gedung kantor Kejari Medan.


Informasi dihimpun dari sumber yang enggan disebutkan namanya mengatakan bangunan itu diketahui ambruk pada Jumat (11/11/2022) pagi.


"Taunya pada pagi hari bang, serpihan bangunan dari lantai 2 berjatuhan ke bawah," kata sumber di Kejari Medan, Jumat (11/11/2022) malam. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini