Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

26 Granat Ditemukan di Pekarangan Warga Blitar

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 12 November 2022 - 10:03
kali dibaca
Ket Foto: Pengamanan granat oleh Tim Jihandak Brimob Jatim/Foto: Istimewa (dok.Humas Polres Blitar Kota)

Mediaapakabar.com
- Sebanyak 26 granat ditemukan di pekarangan milik Alminah, Desa Dayu, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Puluhan granat itu ditemukan saat sang anak menggali tanah untuk pondasi rumah.

"Sejumlah granat yang ditemukan berjenis fragmentasi dengan kondisi sudah berkarat. Dari 26 buah granat yang ditemukan, sebanyak 20 granat utuh dan enam granat dalam bentuk serpihan," ujar Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono dilansir dari detikJatim, Sabtu (12/11/2022).


Argo menegaskan, puluhan granat tersebut sudah diamankan oleh Tim Jihandak Brimob Polda Jatim pada Jumat (11/11) malam. Tim Jihandak mengamankan granat itu untuk dilakukan disposal atau pemusnahan.


Ia menambahkan, granat kali pertama ditemukan oleh Suyadi (anak pemilik lahan) pada Jumat (11/11) siang, ketika menggali tanah untuk pondasi rumah. Saat menggali tanah sedalam lebih kurang satu meter, cangkul yang ia digunakan membentur benda yang diduga besi.


"Sebelum melaporkan temuannya ke pihak desa dan Polsek Nglegok, saksi sempat mencoba memastikan di dalam lubang dan ternyata di dalamnya masih ada 6 buah granat," ujar Argo.


Polsek Nglegok bersama Polres Blitar Kota datang ke lokasi untuk melakukan pengamanan area penemuan granat, dengan memasang garis polisi.


Polres Blitar Kota juga segera melakukan koordinasi dengan Tim Jihandak dari Brimob Polda Jatim, untuk evakuasi granat di lokasi.


Argo menyebutkan, Tim Jihandak Brimob Polda Jatim tiba di lokasi penemuan granat sekitar pukul 19.00 WIB. Tim Jihandak Brimob Polda Jatim langsung melakukan pemeriksaan, evakuasi, dan sterilisasi penemuan granat sampai pukul 20.35 WIB.


"Dari hasil evakuasi dan sterilisasi oleh Tim Jihandak, akhirnya granat yang berhasil ditemukan di lokasi sebanyak 26 buah," pungkasnya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini