Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

Platform Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

ISIS Akui di Balik Penyerangan Masjid Syiah di Iran Tewaskan 20 Orang

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 27 Oktober 2022 - 07:56
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi kelompok ISIS. (iStock/zabelin)

Mediaapakabar.comISIS memastikan diri sebagai dalang di balik serangan teror di sebuah masjid milik Syiah di Iran Selatan, Rabu (26/10/2022).

ISIS mengakui telah menembak orang-orang yang tengah berada di masjid tersebut. Mereka mengklaim telah membunuh sebanyak 20 orang dalam penyerangan tersebut.


Dikutip dari AFP, Kamis (27/10), ISIS mengaku seorang anggota menembaki jamaah di Masjid Shah Cheragh di kota Shiraz tersebut.


"Membunuh sedikitnya 20 warga Syiah dan melukai puluhan lainnya," kata kelompok jihadis Muslim Sunni radikal dalam sebuah pernyataan melalui saluran Telegram.


Diberitakan sebelumnya, sebanyak 15 orang-sebelumnya dilaporkan 13-- orang tewas usai serangan bersenjata yang menyerang sebuah tempat peribadatan Muslim Syiah di kota Shiraz, Iran selatan, Rabu (26/10/2022).


Sementara itu 40 orang lainnya terluka ketika pelaku teror menyerang mausoleum Shah Cheragh di Shiraz. Dikutip dari AFP, tiga orang melakukan penyerangan. Dari sejumlah pelaku tersebut, dua orang telah diamankan.


Kendati demikian, seorang pejabat setempat mengatakan hanya ada satu penyerang.


"Hanya satu teroris yang terlibat dalam serangan ini," kata kepala kehakiman Kazem Mousavi kepada televisi pemerintah.


Media setempat juga melaporkan bahwa penyerangnya adalah "seorang teroris yang berafiliasi dengan kelompok takfiri". Istilah takfiri di Iran dan di beberapa negara lain merujuk pada kelompok Islam Sunni radikal.


Mausoleum Shah Cheragh adalah rumah bagi makam Ahmad, saudara laki-laki Imam Reza, imam Syiah kedelapan, dan dianggap sebagai situs paling suci di Iran selatan. (AFP/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini