Polri soal Isu Kakak Asuh Bekingan Ferdy Sambo: Hanya Dugaan

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 24 September 2022 - 12:07
kali dibaca
Ket Foto : Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menegaskan isu adanya sosok 'Kakak Asuh' yang membekingi Ferdy Sambo hanya sebatas dugaan semata.

Mediaapakabar.com
Mabes Polri menegaskan isu adanya sosok 'Kakak Asuh' yang membekingi Ferdy Sambo hanya sebatas dugaan semata.

"Terkait kakak asuh, adik asuh, itu kembali lagi hanya dugaan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers, Jumat (23/9/2022).


Dedi mengatakan dari hasil koordinasi yang telah dilakukan dengan tim khusus tidak ditemukan sosok 'Kakak Asuh' Sambo yang dituding mempengaruhi proses pengusutan kasus Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.


"Tapi yang jelas saya sudah berkoordinasi dengan Pak Dirtipidum maupun Propam itu tidak ada," tuturnya.


Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini Timsus masih fokus untuk menyelesaikan pokok perkara yakni pemberkasan kasus pembunuhan Brigadir J dan sidang etik terhadap para polisi yang terlibat.


"Jangan melenceng dari pokok substansi," pungkasnya.


Karir moncer Sambo di kepolisian sebelumnya sempat menjadi sorotan publik. Eks penasihat Kapolri, Muradi menduga ada sosok kakak asuh yang berperan di balik kiprah eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo.


Kendati demikian, Muradi tak menyebut secara gamblang identitas kakak asuh Sambo yang dimaksud. Dia hanya mengatakan kakak asuh itu memberikan jabatan Kadiv Propam kepada Sambo pada 2019 lalu.


Sementara saat ini, Muradi mengatakan, bahwa sosok tersebut tengah berupaya membantu Sambo agar mendapatkan vonis ringan di kasus pembunuhan Brigadir J.


"Dia punya kakak asuh yang sudah pensiun yang ngasih jabatan Kadiv Propam. Karier Sambo melejit kan dari senior itu," kata Muradi dilansir dari CNNIndonesia.com.


Harus didalami oleh Timsus dan Bareskrim supaya proses pengadilan Sambo jadi bisa lancar," imbuhnya.


Sementara itu, pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis membantah kliennya memiliki sosok 'Kakak Asuh' yang membantu di kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.


"Kami tim kuasa hukum membantah hal tersebut karena tidak jelas apa dan siapa yang dimaksud dengan sosok kakak asuh," ujarnya saat dikonfirmasi, Kamis (22/9) lalu. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini