Ledakan di Pakistan, 5 Orang Tewas Termasuk Tetua Anti-Taliban

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 15 September 2022 - 09:49
kali dibaca
Ket Foto : Insiden ini terjadi ketika kekhawatiran ancaman keamanan meningkat usai dialog damai antara Taliban Pakistan (TTP) dan pemerintah telah gagal. Ilustrasi. (REUTERS/AKHTAR SOOMRO)

Mediaapakabar.com
Lima orang dilaporkan tewas akibat ledakan di Lembah Swat, barat laut Pakistan, pada Selasa (13/9). Salah satu korban tewas merupakan seorang pemimpin suku anti-Taliban berpengaruh, Idrees Khan.

Ledakan ini menjadi yang terbesar di Pakistan sejak beberapa tahun terakhir. Insiden ini terjadi ketika kekhawatiran ancaman keamanan meningkat usai dialog damai antara Taliban Pakistan (TTP) dan pemerintah telah gagal.


Ledakan terjadi ketika kendaraan yang ditumpangi Khan melaju di atas peledak rakitan. Khan dan dua pengawalnya tewas di tempat, kata seorang petugas polisi Swat Zahid Marwat kepada Reuters.


Hingga kini belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.


Khan adalah seorang tetua setempat dan sebelumnya adalah kepala pasukan suku yang pernah berperang melawan TTP di Swat. Pasukan Pakistan, bersama dengan pejuang lokal, mampu mengusir gerilyawan dari daerah itu dalam operasi militer yang intens.


Operasi tersebut telah menjadi berita utama global. Komunitas internasional mengkhawatirkan kemajuan pesat para pejuang TTP menuju ibu kota, Islamabad.


Penduduk setempat mengatakan bahwa banyak warga kelas menengah atas hingga pejabat politik telah merelokasi keluarga mereka keluar dari Lembah Swat dalam beberapa pekan terakhir akibat kemunculan TTP di daerah tersebut.


Masyarakat mengatakan ledakan hari Selasa adalah ledakan besar pertama di Swat setelah operasi militer 2009 di wilayah itu.


Saat itu, gerilyawan TTP menembak aktivis perempuan Malala Yousafzai yang memperjuangkan hak anak-anak Pakistan mengenyam pendidikan. Akibat insiden itu, Yousafzai memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini