Indonesia dan Arab Saudi Terus Koordinasi Terkait Haji 2022

Niel P
Senin, 17 Januari 2022 - 16:43
kali dibaca

Foto: Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas (Liputan6.com) 


Mediaapakabar.com
- Kementerian Agama RI masihi terus berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi terkait ibadah haji 2022, untuk memastikan pemberangkatan calon jemaah haji asal Indonesia di tahun ini.

Dikutip dari Liputan6.com, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas mengatakan, koordinasi itu terkait dengan kuota jemaah haji asal Indonesia.

"Dalam rangka memperoleh kuota haji kami telah dan terus berkoordinasi dengan Kementerian Haji Arab Saudi, namun Pemerintah Arab Saudi belum bisa melakukan pembicaraan terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M," kata dia saat rapat bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Yaqut memastikan bahwa keengganan Saudi untuk membahas kuota haji bukan hanya terhadap Indonesia, tetapi juga terhadap negara-negara lain.

Menurutnya, hingga detik ini pihaknya belum mendapat kepastian ada tidaknya pemberangkatan jemaah haji di tahun ini.

"Salah satu tahapan persiapan penyelenggaraan haji adalah dilakukannya MoU tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji. Dalam kondisi normal dan memperhatikan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, MoU tentang persiapan penyelenggaraan ibadah haji dilakukan pada bulan Rabiulawal sampai dengan Rabiul Tsani (Rabiulakhir)," katanya. (Lip6/DP)
Share:
Komentar

Berita Terkini