Tingkatkan Kualitas Hakim, Badilum MA Gelar Bimtek Tentang Cyber Crime

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Dirjen Badilum MA RI Prim Haryadi bersama Ketua PT Medan Setyawan Hartono berfoto bersama dua pembicara pada kegiatan bimtek.

Mediaapakabar.com
Untuk meningkatkan kualitas para hakim dalam menangani perkara Cyber Crime (tindak pidana siber), Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung Republik Indonesia (Badilum MA RI) menggelar bimbingan teknis (Bimtek). 

Kegiatan bimtek yang digelar di Hotel Mutiara Berastagi dari 31 Agustus hingga 2 September 2021, dibuka langsung Dirjen Badilum MA Dr H Prim Haryadi SH MH dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 yang ketat. 


Dalam sambutannya, Dirjen Badilum berharap agar dengan adanya kegiatan bimtek tersebut, kualitas para peserta yang terdiri dari para hakim di pengadilan negeri dan hakim tinggi dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Medan dapat ditingkatkan.


"Pelatihan ini penting untuk meningkatkan kualitas hakim khususnya dalam bidang tindak pidana siber. Jadi harapan saya agar para peserta bersemangat untuk mengikuti," ucap Dr Prim. 


Dirjen juga mengingatkan para hakim agar tetap menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya. "Jangan merusak kredibilitas karena perjalanan masih panjang. Peserta harus banyak belajar dari Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Medan, para hakim tinggi karena mereka mempunyai kualitas terbaik," tegasnya.


Sementara Ketua PT Medan Setyawan Hartono SH MH mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Badilum MA. "Adanya kegiatan bimtek ini adalah kesempatan yang baik untuk peningkatan kapasitas para hakim dalam menangani tindak pidana siber. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam kegiatan ini," ucap Ketua PT Setyawan Hartono.


Humas PT Medan John Pantas Lumban Tobing SH MHum kepada Jurnalis Koran SIB Rido Sitompul, Kamis (2/9/2021) di Medan mengatakan, kegiatan ini adalah program MA untuk meningkatkan kualitas para hakim sesuai dengan perkembangan jaman. "Selama ini kualitas para hakim sudah mumpuni namun dengan adanya kegiatan bimtek ini, kualitas hakim dapat semakin meningkat apalagi khususnya penanganan perkara siber yang di saat ini sedang sangat berkembang di segala aspek," ucap John Pantas. 


Mahkamah Agung, lanjutnya, selalu responsif menyikapi adanya perkembangan-perkembangan tertentu di suasana terkini khususnya perkembangan siber di Indonesia.


"Atas itulah, MA berupaya mengupgrade kapasitas kualitas para hakim agar dapat selalu mengikuti perkembangan zaman," ucapnya


Selain bimtek penanganan perkara tindak pidana siber, peserta juga diberikan arahan tentang pembinaan teknis peradilan umum. "Dirjen Badilum juga mengingatkan soal integritas dan bagaimana seorang hakim berperilaku yang baik," jelasnya.



Kegiatan bimtek itu sendiri dibuka Dirjen Badilum dan ditutup oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis MA RI Lucas Prakoso SH MHum. Turut hadir di acara itu Wakil Ketua PT Medan Dr Erwin Mangatas Malau SH MH. 


Sedangkan pembicara di kegiatan itu adalah Peter Harper, ahli Cyber Crime dari Kedubes AS dan M Hasanuddin dari kalangan akademisi. (MC/DAF)

Share:
Komentar

Berita Terkini