-->
    |
Follow Us :

Awal Tahun 2021, Gunung Sinabung Kembali Erupsi Setinggi 1.000 Meter

Kali Dibaca

Ket Foto : Gunung Sinabung Saat Erupsi

Mediaapakabar.com - Di awal tahun 2021, Gunung Sinabung kembali erupsi dengan ketinggian kolom abu mencapai 1.000 meter dari puncak mengarah ke barat laut, Minggu (03/01/2021) sekitar pukul 09.34 WIB.

Komandan Satuan Tugas Gunung Sinabung Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto S.sos meminta dan mengingat agar masyarakat maupun tamu wisata jangan memasuki ke zona merah gunung sinabung karena status gunung tersebut masih di level III dan bersetatus siaga.

"Kami menghimbau kepada masyarakat agar jangan memasuki zona merah baik ke aliran sungai lau borus karena kita tidak tau kapan dan jam berapa terjadinya atau datangnya lahar dingin dari puncak sana. Apalagi pada saat ini masih musim hujan," imbau Dandim 0205/TK Karo Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto. 

Sementara itu, Petugas Pusat Vulkanologi yang berada di Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo Armen Putra membenarkan erupsi gunung sinabung.

"Benar. hari ini telah terjadi erupsi Gunung Sinabung sekitar pukul 09.34 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 1.000 meter di atas puncak (± 3.460 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi ± 2 menit 23 detik," bebernya.

Dijelaskannya, status gunung sinabung saat ini berada pada status level III (siaga). Kami mengimbau kepada masyarakat maupun pengunjung (wisatawan) agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak gunung sinabung dan di radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, 4 kilometer untuk sektor timur-utara.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh. Masyarakat yang bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di gunung sinabung agar tetap waspada," imbau Armen Putra.  (SS)






Komentar

Berita Terkini