Selain Batuk dan Pilek, Ini Gejala COVID-19 Terbaru yang Jarang Disadari

armen
Senin, 07 Desember 2020 - 14:01
kali dibaca



Deretan gejala tak biasa COVID-19. (Foto: iStock)

Mediaapakabar.com
-Hampir setahun pandemi Corona melanda dunia. Hanya saja ada beberapa gejala COVID-19 yang masih belum diketahui masyarakat karena setiap pasien mengalami gejala yang berbeda-beda.

Beberapa gejala COVID-19 yang umum terjadi adalah batuk, pilek, sesak napas, dan kelelahan. Ternyata, masih ada gejala COVID-19 lainnya yang tanpa disadari dapat menimpa pasien yang terkena Corona.

1. Infeksi mata
Menurut laporan American Academy of Ophthalmology, beberapa pasien yang mengalami kondisi mata merah sebagai gejala COVID-19 baru. Namun, tidak perlu khawatir karena bisa saja ada faktor lain yang menyebabkan mata merah, bukan berarti merupakan gejala COVID-19.
 
2. Anosmia
Gejala COVID-19 ini sering dialami oleh pasien baik kasus corona tingkat ringan maupun sedang. Gejala ini disebut anosmia yang dikembangkan oleh sejumlah pasien COVID-19.

3. Sakit perut
Sakit perut dianggap sebagai salah satu gejala COVID-19 selain batuk dan pilek. Infeksi akibat virus COVID-19 menyebabkan pasien terkena diare dan mengalami muntah-muntah.

4. Nyeri otot
Nyeri otot dapat dianggap sebagai salah satu gejala COVID-19 yang cukup serius. Hal ini disebabkan oleh pelepasan bahan kimia sitokin ke tubuh sebagai respon terhadap infeksi.

5. Sakit kepala
Gejala COVID-19 satu ini bisa menimpa pasien corona tanpa mereka sadari. Biasanya, sakit kepala akibat COVID-19 terjadi dalam intensitas sedang hingga parah dan hanya menyerang bagian sebelah (migrain).

Selain itu, sakit kepala akibat COVID-19 disertai demam tinggi yang mengakibatkan tubuh rentan terkena corona. Disarankan untuk segera memeriksa suhu tubuh dan konsultasi dengan dokter.

6. Gatal-gatal
Gatal-gatal sebagai gejala COVID-19 di mana muncul bintik-bintik atau ruam pada kulit tanpa sebab. Tidak hanya gatal, bintik-bintik merah juga memberikan sensasi terbakar sebagai respon imun terhadap sistem saraf

Sumber :detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini