Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban, Siap Melayani 3,75 Juta Peti Kemas

armen
Minggu, 20 Desember 2020 - 19:23
kali dibaca




Mediaapakabar.com
-Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan operasional Pelabuhan Internasional Patimban yang terletak di Subang, Jawa Barat, Minggu (20/12/2020). Setelah rampung pembangunan tahap pertama, pelabuhan ini siap melayani 3,75 juta peti kemas .

"Saya senang memperoleh laporan pada fase pertama ini, Pelabuhan Patimban sudah siap melayani 3,75 juta peti kemas, 3,75 juta TEUs (twenty foot equivalent unit)," ucap Jokowi dalam acara peresmian yang dihelat secara virtual dari Istana Bogor.

Menurut Jokowi, setelah pembangunan tahap tiga selesai, kapasitas petikemas di Pelabuhan Patimban akan bertambah, dari 3,75 juta menjadi 7 juta petikemas atau 7 juta TEUs. Kemudian kapasitas car terminal dari 218 ribu mobil menjadi 600 ribu kendaraan.

"Dan akan meningkatkan ekspor otomotif kita ke pasar global," jelasnya.

Jokowi bersyukur di tengah pandemi corona, proyek pembangunan Pelabuhan Patimban fase pertama telah diselesaikan. Proyek ini memiliki peran strategis baik untuk meningkatkan perekonomian di Jawa Barat dan nasional.

Pelabuhan Patimban juga dapat berfungsi untuk memperkuat keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara yang saat ini sudah terlalu padat serta menimbulkan kemacetan di ruas jalan Jakarta-Bekasi.

Sumber :Sindonews.com
Share:
Komentar

Berita Terkini