Kabar Baik, AS Mulai Distribusi Vaksin Moderna

armen
Minggu, 20 Desember 2020 - 20:09
kali dibaca



Vaksin Moderna mulai didistribusikan di AS usai diberi izin FDA (AFP/JOEL SAGET)

Mediaapakabar.com-
Amerika Serikat (AS) tengah siapkan distribusi jutaan dosis pertama vaksin Covid-19 Moderna.. Hal ini disampaikan seorang pejabat tinggi AS, Sabtu (19/12), beberapa jam setelah negara itu mengeluarkan izin penggunaan vaksin. AS merupakans salah satu negara yang paling terimbas Covid-19 di dunia.

"Distribusi vaksin Moderna sudah dimulai," kata Jenderal Gus Perna yang mengawasi operasi logistik besar-besaran sebagai bagian dari Operasi Warp Speed pemerintah.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengumumkan Jumat malam bahwa mengatakan bahwa  mereka sudah memberikan persetujuan darurat untuk vaksin seminggu setelah melakukan hal yang sama dengan vaksin dari Pfizer dan BioNTech.

Pada hari Sabtu, dosis pertama dipindahkan dari pusat manufaktur di Bloomington, Indiana, ke gudang yang dioperasikan oleh perusahaan logistik McKesson dalam persiapan pengiriman pada hari Minggu.

"Kotak-kotak sedang dikemas dan dimuat hari ini. Truk akan mulai diluncurkan besok dari FedEx dan UPS," kata jenderal pada konferensi pers.

Vaksin Pfizer harus disimpan pada suhu -70 derajat Celcius, suhu yang jauh lebih rendah dari kulkas standar. Sehingga, hal ini memaksa perusahaan untuk mengembangkan wadah khusus untuk pengangkutan.

Tetapi vaksin Moderna dapat disimpan pada -20 derajat Celcius, sehingga memudahkan penyediaan tempat penyimpanan vaksin.

Perna mengatakan syarat penyimpanan vaksin Moderna yang lebih ringan memungkinkan distribusi vaksin ke wilayah yang sulit di jangkau di pedesaan yang lebih kecil dan lebih banyak.

Sumber : cnnindonesia.com
Share:
Komentar

Berita Terkini