-->
    |
Follow Us :

Dandim 0201/BS Medan Silahturahmi Bersama IMP

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com- 
Komandan Kodim 0201/BS, Letkol Inf Agus Setiandar S.I.P, M.H, bersama para Perwira Staf Kodim 0201/BS, para Danramil dan Babinsa terkait menggelar kegiatan silahturahmi dengan sejumlah mahasiswa asal Papua yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) yang dilaksanakan di Aula Makodim 0201/BS, Jl. Pengadilan No. 8 Medan, Selasa (1/12/2020). 

Sebanyak 16 orang perwakilan mahasiswa Papua, yang mengikuti kegiatan silahturahmi merupakan mahasiswa berasal dari Perguruan Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (UNIMED) dibawah pimpinan Mahasiswa Pendidikan S3 Pasca Sarjana USU, Sdri. Ince Weya. 

Dandim 0201/BS, Letkol Inf. Agus Setiandar S.I.P, M.H, mengucapkan "selamat datang kepada perwakilan mahasiswa Papua yang berada di Kota Medan”.

Akmil Angkatan tahun 99' ini menjelaskan, dirinya punya ikatan batin dan emosional yang sangat kuat dengan masyarakat Papua, karena telah lama bertugas di Papua selama empat tahun, "dan bahkan selama tiga tahun anak-anak saya di asuh oleh masyarakat Papua, karena waktu itu kami sibuk dengan tugas dan kegiatan kedinasan”.

"Saya berpesan kepada adik-adik mahasiswa yang berasal dari Papua, untuk selalu fokus dalam belajar, fokus bagimana secepat mungkin bisa menyelesaikan studi, sehingga bisa segera kembali ke tanah Papua dan membangun Papua menjadi maju”.

" Selanjutnya, saya mengharapkan adik-adik agar benar-benar fokus dalam belajar dan tidak perlu untuk ikutan dalam pembahasan isu-isu sentral maupun polemik tentang Papua yang berkembang saat ini, misalnya terkait dengan Otsus Jilid II, peringatan HUT OPM, dan sebagainya”.

"Adik-adik adalah pemuda-pemudi Papua terpilih, yang diberi kesempatan belajar di luar daerah. Untuk itu, Adik-adik harus bisa memberi informasi dan juga gambaran yang baik, bagaimana bersekolah di luar daerah terutama di Kota Medan, agar generasi penerus kalian yang masih berada di Papua, termotivasi untuk bersekolah diluar daerah dan tidak hanya berharap di Universitas Cenderawasih (UNCEN) saja”.

"Saya juga menginginkan, adik-adik ini menganggap kami sebagai kakak ataupun menganggap kami sebagai pengganti orang tua kalian yang jauh di Papua. Jangan sungkan untuk berkomunikasi ataupun berkoordinasi bila ada permasalahan selama studi di Medan” pungkas Dandim. 

Dalam kesempatan yang sama, Pimpinan IMP,  Sdri. Ince Weya mengucapkan “terimakasih kepada bapak Dandim 0201/BS beserta jajaran, karena sudah mengundang kami kesini, karena baru kali ini kami mendapatkan kesempatan untuk datang ke Kodim ini”.

Mahasiswa Pendidikan S3, Pasca Sarjana USU ini juga merasa bangga, dan bersyukur telah dianggap sebagai anak asuh dan bersedia memperhatikan anak Papua yang berkuliah di Sumatera Utara ini.

"Selama ini kami selalu diberikan motivasi dan nasehat, khususnya oleh Bapak-bapak Babinsa, baik yang bertugas di USU maupun yang di UNIMED, tapi baru kali ini kami diundang ke Kodim”

"Kami berharap bapak-bapak tidak segan-segan untuk menyapa kami, jika bertemu kami di luar sana” pungkas Ince. 

Kegiatan ini juga melaksanakan penyerahan bingkisan secara simbolis, sebagai tanda ikatan silaturahim dilanjutkan ramah tamah dengan makan siang bersama, diselingi lagu-lagu berirama yospan khas Papua dan lagu daerah lainnya.(dn)
Komentar

Berita Terkini