Begini Respon Kominfo terkait Video Pelecehan Lagu Indonesia Raya Muncul di Sosmed

armen
Minggu, 27 Desember 2020 - 17:38
kali dibaca





Mediaapakabar.com
-Sosial media Tanah Air diramaikan dengan kemunculan video yang memparodikan lirik lagu Indonesia Raya dengan kalimat hinaan. Video pelecehan itu pertama kali diunggah oleh channel YouTube MY Asean, yang diduga merupakan warga negara Malaysia. 

Merespon hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku telah melakukan takedown terhadap video yang bersangkutan. Kominfo juga mengklaim telah mengidentifikasi penyebarannya.

"Takedown dilakukan dengan bekerja sama dengan platform digital di mana konten tersebut berada," jelas Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo, kepada Sindonews, Minggu (27/12/2020).

Sudah banyak akun di lintas platform yang mengunggah kembali video pelecehan lagu Indonesia Raya dengan beragam narasi. Dedy mengatakan, penyebaran baru juga akan dilakukan takedown dengan cara yang sama.

"Sebaran yang baru muncul tentu akan ditindak dengan cara yang sama, yakni dilakukan pengajuan takedown," tambahnya.

Kominfo mengaku masih terus mendalami terkait pelecehan ini. Terkait masalah hukum, Dedy menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Kepolisian. "Kalau terkait ada tidaknya unsur pidana dalam konten tersebut, pihak kepolisian yang lebih tepat utk merespon," tutur Dedy.

Sementara itu, video pelecehan berdurasi 1.30 menit yang dibagikan akun MY Asean memang sudah tidak bisa ditemukan di YouTube. Meski begitu, channel tersebut tetap ada.

Sumber :Sindonews.com
Share:
Komentar

Berita Terkini