Sisakan 3 Nama, Calon Rektor USU yang Pengurus Golkar Tersingkir

armen
Jumat, 27 November 2020 - 19:11
kali dibaca




Rektor USU Runtung Sitepu (Foto: dok. Istimewa)

Mediaapakabar.com
-Proses penjaringan calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) terus berlanjut. Ada tiga nama yang tersisa setelah melewati proses penyaringan di Senat Akademik USU.

Tiga nama tersebut adalah Prof Farhat dengan 52 suara, Dr Muryanto Amin dengan 37 suara, dan Prof Arif Nasution 11 suara. Sementara itu, Dr Restu Utama Pencawan tersingkir karena tak mendapat suara.

"Sementara satu kandidat lain, Dr Restu Utama Pencawan, tidak memperoleh suara," ujar Rektor USU Prof Runtung Sitepu, Kamis (26/11/2020).

Runtung mengatakan ketiga nama yang lolos penyaringan bakal mengikuti proses pemilihan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) USU. Salah satu anggota MWA adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, yang memiliki suara 35 persen.

"Suara terbesar ada pada Menteri Nadiem, yakni 35 persen," kata Runtung.

Dia berharap semua pihak mengikuti proses pemilihan sesuai aturan. Runtung mengatakan membangun USU butuh kerja keras dan waktu yang tidak sebentar.

"Pemilihan rektor ini tidak boleh meninggalkan luka di antara kita," ujarnya.

Sebelumnya, dua orang calon Rektor USU mundur dari proses penjaringan calon Rektor USU. Dua calon yang mundur itu adalah Prof M Fidel Ganis Siregar dan Dr Sontang Sihotang.

"Benar," kata Kepala Humas dan Protokoler USU Elvi Sumanti saat dimintai konfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Keduanya mundur karena alasan pribadi. Elvi menyebut Fidel dan Sontang mundur sebelum proses audisi calon Rektor USU. Restu juga sempat mengajukan pengunduran diri dari proses penjaringan, namun ditolak karena dinilai melewati waktu yang ditentukan.

Restu merupakan pengurus Golkar Sumut. Dia menjabat Wakil Sekretaris Pemenangan Pemilu Wilayah II.

Sumber :detik.com
Share:
Komentar

Berita Terkini