Rempah -Rempah Ini Bermanfaat Menurunkan Darah Tinggi

armen
Senin, 30 November 2020 - 09:11
kali dibaca



Rekomendasi Berbagai Rempah untuk Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Mediaapakabar.com-
Hipertensi adalah kondisi medis kronis (berlangsung jangka panjang) yang ditandai dengan peningkatan tekanan darah. Hipertensi berbahaya untuk jantung dan pengobatannya tidak bisa ditunda-tunda. 

Hipertensi dapat dikendalikan dengan perubahan gaya hidup seperti mengurangi konsumsi garam dan berolahraga secara teratur. Selain itu, mengonsumsi beberapa rempah tertentu juga dapat membantu menurunkan hipertensi. 

Jangan salah, rempah untuk hipertensi tidak sekedar informasi dari mulut ke mulut belaka. Serangkaian studi dengan metode Randomized Clinical Trial (RCT) hingga Systematic Review yang dipublikasikan oleh Cochrane telah dilakukan demi mempelajari efek rempah untuk menurunkan darah tinggi.

Mengingat Indonesia adalah negeri yang akrab dengan banyak jenis rempah, hal ini bisa dipandang sebagai suatu kesempatan emas. Banyak ragam kuliner Indonesia yang kaya akan kombinasi berbagai rempah. 

Dengan begitu, pengetahuan akan manfaat rempah untuk hipertensi tentunya bisa bermanfaat di Indonesia. Berikut adalah daftar rempah untuk hipertensi yang telah diteliti.

1. Kayu Manis
Kayu manis adalah rempah yang dapat digunakan dalam berbagai menu. Mulai dari lauk pauk pendamping nasi hingga pastry seperti roti dan kue, semuanya bisa dilengkapi dengan kayu manis. 

Studi yang meneliti manfaat kayu manis terhadap kesehatan sudah cukup banyak, salah satunya dikaitkan dengan hipertensi. Kayu manis terbukti dapat menurunkan tekanan darah menurut studi RCT oleh Azimi P et al.

Dalam studinya yang dipublikasi di Pubmed, kayu manis juga dapat memperbaiki fungsi endotel (sel di dinding pembuluh darah) yang dialami oleh pasien diabetes melitus tipe dua.


2. Daun Basil
Daun basil seringkali menjadi pelengkap suatu sajian karena aromanya yang khas. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Pubmed oleh Tabassum et al, disebutkan bahwa daun basil dilaporkan memiliki efek positif terhadap tekanan darah.

Ekstrak murni basil juga dilaporkan dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik, diastolic dan rerata tekanan darah dengan dosis efektif 30 mg/ kg. Kemungkinan, efek ini muncul akibat kandungan eugenolnya yang memiliki pengaruh terhadap kanal kalsium (yang berkaitan dengan pengaturan tekanan darah di tubuh).

3. Bawang Putih
Bawang putih mampu menurunkan tekanan darah dengan membantu meningkatkan zat nitric oxide di dalam tubuh. Efek dari nitric oxide adalah pelebaran pembuluh darah, sehingga memungkinkan aliran darah lebih mudah bersirkulasi dan tidak terjadi hipertensi.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 47 pasien penderita hipertensi, bawang putih mampu menurunkan rerata tekanan darah sistolik secara signifikan, yaitu sebesar 12 mmHg dan rerata diastolik sebanyak 9 mmHg bila dibandingkan dengan plasebo.

4. Jahe
Selain rasanya yang khas dan aromanya yang bisa meningkatkan selera, jahe berpotensi menjadi rempah untuk membantu menurunkan hipertensi. Rempah yang cocok untuk dicampurkan ke makanan, minuman, hingga kue ini ternyata memiliki efek terhadap pembuluh darah.

Dilaporkan bahwa jahe bisa meningkatkan sirkulasi dan merelaksasi otot yang ada di dinding pembuluh darah. Dengan begitu, jahe dipercaya sebagai rempah yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

5. Kapulaga
Kapulaga merupakan sebuah bumbu yang berasal dari India dan sering digunakan dalam menu masakan Asia Selatan. Kapulaga biasanya digunakan sebagai bumbu masakan sup, semur, bahkan makanan yang dipanggang. 

Selain dapat melezatkan masakan, kapulaga kemungkinan mampu mendatangkan manfaat positif terhadap tekanan darah. Studi menunjukkan, kapulaga memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah dan membantu memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah.


6. Safron
Safron termasuk ke dalam golongan rempah yang bisa membantu menurunkan hipertensi. Tumbuhan beraroma khas dengan nama latin Crocus sativus L. ini cukup terkenal di wilayah Timur tengah.

Tak hanya digunakan sebagai bumbu masak, safron diyakini memiliki efek antioksidan, penghilang nyeri, antiperadangan, dan lain-lain.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association, safron dalam makanan mampu menurunkan tekanan darah pada hewan percobaan tikus. Masih banyak studi lain yang juga menemukan manfaat safron sebagai rempah untuk hipertensi.


 Sumber :Klikdokter.com
Share:
Komentar

Berita Terkini