Dampingi Gubsu, Pjs Walikota Medan Hadiri Pembukaan Musda ke 12 DPD REI Sumut

armen
Kamis, 19 November 2020 - 20:16
kali dibaca



Mediaapakabar.com
- Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT mendampingi Gubsu Edy Rahmayadi  menghadiri pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) ke 12 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estate Indonesia  (REI)  Sumut  yang mengusung tema, "Perkuat Sinergitas REI Sumut Dengan Stakeholder" di Yok Ngopi Cofe Jalan Garuda Medan, Kamis (19/11/2020).

Musda  ke 12 DPD REI SumutSumSumutSu berlangsung  sederhana dan menerapkan prokol kesehatan tersebut dibuka  langsung Gubsu Edy Rahmayadi. Selain Wakil Ketua Umum Koordinator DPP REI Umar Husin, musda juga dihadiri Wakil Ketua Umum Perbankan Syariah DPD REI Dodi Tahir, Ketua DPD REI Sumut periode 2017-2020 Ir Andi Atmoko serta pengurus DPD REI Provinsi se-Indonesia.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Sumut  bersedia memperkuat sinergitas dengan REI. Dengan demikian ke depannya dapat duduk bersama dan bergandengan tangan mengaplikasikan apa yang dapat dilakukan untuk merealisasikan rumah hunian bagi masyarakat.

"Kita harus dapat duduk bersama untuk membahas apa yang akan dibuat dalam penyediaan rumah yang layak huni dan sehat bagi  masyarakat. Jangan karena harganya murah, rumah hunian yang disediakan itu tidak sehat," kata Gubsu.

Selanjutnya terkait jumlah kekurangan rumah hunian di Sumut sebanyak 7.015 unit, Gubsu mengungkapkan,  jumlah tersebut pasti lebih karena masih banyak masyarakat Sumut yang belum memiliki rumah hunian. Gubsu minta agar DPD REI Sumut kembali melakukan pendataan ulang dengan melibatkan Badan Pusat Statistik (BPS). "Jadi bisa diketahui berapa jumlah riil  kekurangan rumah hunian di Sumut sebenarnya. Setelah itu barulah kita bersama-sama bagaimana mengatasinya," harapnya.

Sementara itu Pjs Wali Kota Medan Ir Arief Sudarto Trinugroho MT mengungkapkan, pandemi Covid-19 mengharuskan pelaku industri properti merubah strategi pemasaran produk dari pola konvensional ke segmen digital.

Hal itu, ungkapnya, diyakini  ampuh dalam mengantisipasi berkurangnya peluang interaksi secara tatap muka antar tenaga pemasaran properti dengan calon konsumen.

"Keahlian pemasaran digital menjadi mutlak diperlukan demi menyasar para calon konsumen properti. Dengan tingkat pengguna internet di Indonesia yang mencapai lebih dari 60 %  dari jumlah penduduk, maka peluang pasar terbuka lebar jika dilakukan melalui online marketing. Artinya, pameran properti secara online menjadi salah satu cara cukup efektif menjaring calon konsumen properti," ujar Plt Wali Kota.  

Menurut Pjs Wali Kota, tantangan yang harus dihadapi pada masa pandemi adalah bagaimana sektor properti dapat tumbuh di tengah situasi keterbatasan yang ada. Dikatakannya, pandemi Cobid-19 membuat pasar properti terkoreksi cukup tajam. Meski demikian pesannya, dalam keterbatasan itu masih terdapat peluang. 

"Selagi masih ada masyarakat yang membutuhkan rumah, maka pasti masih akan ada permintaan terhadap hunian yang sehat dan nyaman sesuai dengan daya beli masyarakat," paparnya.

Ketua DPD REI Sumut  Ir Andi Atmoko Panggabean  menjelaskan, musda ini merupakan  yang paling sederhana dibuat REI selama ini. Musda sengaja digelar di Yuk Ngopi Cofe yang merupakan milik REI Sumut. Diharapkannya, kafe ini nantinya dapat maju sehingga menjadi Graha DPD REI Sumut.

Andi Atmoko selanjutnya menjelaskan, DPD REI Sumut saat ini memiliki anggota sebanyak  325 developer yang tersebar di 34 kabupaten/kota di Sumut. Dari jumlah tersebut, 70% diantaranya bergerak di perumahan subsidi.

"Saat  ini kita kekurangan rumah hunian untuk masyarakat di Sumut, terutama menengah ke bawah sebanyak 7.015 unit. Untuk itu kita minta dukungan stakeholder, terutama Pemprov Sumut untuk mengatasibkekurangan tersebut," harap Andi Atmoko.

Di kesempatan itu Andi Armoko juga berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Apalagi pemerintah telah berencana akan melakukan vaksinasi.

Jika pandemi berakhir, dia optimis kondisi perekonomian secara nasional juga akan membaik sehingga berdampak dengan membaiknya bisnis properti di Tanah Air, termasuk di  Sumut maupun Kota Medan.

Sebelum pembukaan dilakukan, juga dilakukan video confrence dengan Ketua Umum DPD REI Paulus Totok Lusida yang diwakili Amran Lukman selaku Sekjen DPP REI.

Pembukaan musda selanjutnya ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Gubsu didampingi Gubsu. Selanjutnya, Gubsu dan Pjs Wali Kota mendapatkan cindera mata berupa plakat dari Ketua DPD REI Sumut.(dn)
Share:
Komentar

Berita Terkini