Bupati Asahan H.Surya Hadiri Suroan di Kecamatan Aek Songsongan

Media Apakabar.com
Sabtu, 29 Agustus 2020 - 19:09
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1442 Hijriyah. Keluarga Besar Pujakesuma Kecamatan Aek Songsongan melaksanakan kegiatan suroan bertempat di dusun VIII Desa Bandar Selamat Kecamatan Aek Songsongan, Sabtu, (29/8/2020).

Ketua panitia penyelenggara kegiatan Wagimin  sekaligus Sekjen DPC Pujakesuma Kecamatan Aek Songsongan dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Asahan yang telah bersedia hadir dalam acara peringatan Tahun Baru Islam 10 Muharram  di Kecamatan Aek Songsongan.

Tradisi kenduri suroan yang dilaksanakan pada bulan Muharram dan sejatinya ini adalahmerupakan sistem penanggalan tahun baru dalam perhitungan masyarakat Jawa Islam.

 “Oleh karena itu, peringatan Tahun Baru Islam yang hari ini jatuh pada 10 Muharram Kita laksanakan dengan tradisi suroan.Harapannya agar nilai tradisi dan budaya masyarakat Jawa dapat terus dilestarikan”, ujar Wagimin.

Ditempat yang sama, ketua harian DPD Pujakesuma  Kabupaten Asahan Wage Trimana mengatakan bahwa kegiatan ini dapat mempererat hubungan silaturahmi antara sesama warga Pujakesuma di Kabupaten Asahan khususnya di Kecamatan Aek Songsongan.

" Saya minta seluruh pengurus Pujakesuma yang ada di Kabupaten Asahan maupun di Kecamatan dapat terus mengajarkan dan menumbuh kembangkan budaya jawa kepada generasi muda sehingga budaya jawa dapat bertahan hingga masa yang akan datang" ujar Wage.

Sementara Bupati Asahan H. Surya, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Pujakesuma Kecamatan Aek Songsongan dalam memperingati Tahun Baru Islam 1442 H. 

"Warga Jawa di Kabupaten Asahan mayoritas penduduknya dan memiliki peran yang cukup strategis dalam pelaksanaan pembangunan. Untuk itu secara pribadi saya sebagai Dewan Pembina Pujakesuma dan Bupati Asahan saya berharap agar warga Jawa dapat memelihara sifat kegotong royongan.

Dan  selain itu tetap semangat dalam membangun kebersamaan sebagai ciri khas dari sifat masyarakat Jawa untuk dapat membantu kesuksesan pembangunan yang ada di Kabupaten Asahan.

Untuk itu saya berpesan mari kita jadikan suroan warga Jawa ini  untuk melestarikan adat dan budaya sebagai bentuk antisipasi terhadap pengaruh budaya luar kepada generasi muda masa kini ujar H Surya.

Diakhir sambutannya Bupati Asahan tetap mengimbau masyarakat agar tetap dapat melaksanakan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini.Hal ini agar Kabupaten Asahan dapat terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Tak lupa Bupati juga mengimbau masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada bulan Desember 2020 ini. Jangan Golput dan hindarilah Money Politik " ujar Bupati Surya.

Kegiatan suroan dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Asahan H Surya. Kegiatan dihadiri oleh para OPD, Camat dan Forkopincam Kecamatan Aek Songsongan, DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan, Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Aek songsongan serta masyarakat..(Depram)


Share:
Komentar

Berita Terkini