|
Follow Us :

Sebut Tak Ambil Gaji sejak 2013, Ganjar Komit Sumbangkan Gaji untuk Penanganan Corona

Kali Dibaca


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Taufik Budi/Okezone)
Mediaapakabar.com- Sebut tidak pernah mengambil gaji sejak 2013, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen menyumbangkan seluruh penghasilannya tersebut untuk penanganan pandemi virus corona atau covid-19.

Politikus PDIP ini sebelumnya juga mengusulkan pemotongan 50 persen pendapatan aparatur sipil negara (ASN) untuk mengatasi wabah corona. Usulan itu disampaikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional yang dipipmpin Presiden Joko Widodo pada Kamis 30 April. "Maka tadi ada yang tanya, Gubernur berani tidak gajinya dipotong 85 persen? Maaf untuk gaji tidak pernah saya ambil sejak 2013. Saya kembalikan," kata Ganjar, Sabtu (2/5/2020).
Bahkan ia menegaskan bukan sekadar gaji, namun seluruh pendapatnya pun siap dipotong untuk penanganan covid-19.
Menurut dia, jika seluruh kepala daerah, bahkan sampai pemerintah pusat, punya komitmen seperti itu, bakal memberi energi positif terhadap penanganan wabah virus corona dan akan diikuti oleh jajarannya.
"Ini untuk menunjukkan komitmen. Tidak perlulah kita bicara satu tahun, tapi satu bulan. Dua atau tiga bulan itu sudah bagus kita untuk mengontribusikan itu. Maka problem yang ada di masyarakat bisa di-insert dengan rasa kemanusiaan dan persatuan yang kita miliki. Maka masyarakat bisa merasakan kita hadir," ungkapnya.
Ganjar berharap pemotongan gaji ASN menjadi spirit berbagi saat negara dalam kondisi krisis. Makanya dalam Musrenbang tersebut, jelas dia, untuk pemotongan pendapatan diambil contoh ASN golongan III.
Meski demikian, lanjut Ganjar, seluruh ASN dari segala golongan dan jabatan diharapkan terketuk untuk berempati lebih dalam penanganan covid-19.
"Sebenarnya bukan soal golongannya, bukan persentasenya. Kalaulah soal gradual bisa dilakukan, dimulai saja dari pejabatnya dulu," tambahnya.

Sumber :okezone.com

Komentar

Berita Terkini