Begini Cara Redakan Bengkak Asam Urat dengan Kompres

armen
Minggu, 10 Mei 2020 - 09:23
kali dibaca




Terapi Kompres untuk Atasi Bengkak Asam Urat
Mediaapakabar.com-Penyakit asam urat yang kambuh bisa sangat menyiksa penderitanya. Anda bisa sulit tidur, bahkan tak nafsu makan. Sering kali, bengkak akibat asam urat terjadi pada orang lansia. Namun, ada cara praktis untuk membantu meredakan bengkak tersebut, yakni dengan menggunakan kompres.

Asam urat adalah jenis penyakit yang diakibatkan oleh penumpukan purin di daerah persendian. Sejumlah gejala seperti rasa nyeri sampai bengkak di persendian, sering kali dirasakan oleh para pengidapnya. Tentu saja ini akan membuat aktivitas menjadi tidak nyaman dan orang tua sering merasa lebih menderita.

Penyebab kambuhnya asam urat sangat beragam, di antaranya pola makan yang buruk dan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Terapi Kompres untuk Atasi Bengkak Asam Urat
Kompres merupakan salah satu terapi tanpa obat yang kerap disarankan oleh dokter bagi pengidap nyeri sendi.

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk meredakan bengkak pada asam urat. Kompres dingin biasa digunakan dalam 24 hingga 48 jam setelah terjadinya bengkak. Tujuannya adalah untuk meminimalkan terjadinya peradangan. Hal ini disebabkan karena suhu yang rendah dapat merangsang penyempitan darah dan memperlambat aliran darah pada lokasi cedera.

Gunakan es pada persendian Anda untuk mengurangi rasa sakit dan bengkak. Anda bisa mengaplikasikannya sekitar 15 hingga 20 menit selama Anda membutuhkannya.

Anda juga dapat mencoba kompres hangat diikuti oleh kompres dingin. Cara membuat kompres hangat mudah saja: basahi handuk kecil dengan air panas, dan letakkan di dalam kantong plastik untuk mencegah luka bakar. Pakailah kompres hangat selama 3 menit, lalu dinginkan selama 30 detik. Ulangi ini setiap jam untuk meredakan bengkak.

Cara Lain Menghilangkan Bengkak Asam Urat
Selain dengan kompres, beberapa langkah ini juga dapat membantu meringankan rasa bengkak dan sakit akibat asam urat.

Minum Obat Penghilang Rasa Sakit
Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu Anda saat serangan. Anda bisa memilih antiradang seperti ibuprofen atau naproxen. Tanyakan kepada dokter mengenai pilihan obat dan dosis yang terbaik untuk Anda.

Minum Obat Resep
Jika Anda pernah mengalami bengkak akibat asam urat sebelumnya, dokter Anda mungkin telah meresepkan obat untuk mengobati serangan di masa depan. Minumlah sesuai petunjuk dokter agar bengkak Anda cepat mereda.

Tinggikan Sendi
Jika kaki Anda terpengaruh, letakkan di atas bantal atau tumpuan kaki. Bahkan, protokol RICE (rest, ice, compression, & elevation) dapat Anda lakukan.

Tetap Tenang
Tenanglah saat bengkak terjadi. Hal yang perlu dilakukan adalah istirahatkan persendian yang sakit dan jauhkan tekanan sampai rasa sakit mereda. Pilih sandal yang cukup longgar, sehingga Anda dapat menjaga kaki tetap hangat dan nyaman sampai serangan berlalu.


Sumber: Klikdokter.com
Share:
Komentar

Berita Terkini