Penanganan Covid 19, Gubsu Berikan Arahan Kepada Bupati Asahan

Media Apakabar.com
Selasa, 14 April 2020 - 12:41
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Asahan, H Surya BSc menerima arahan penanganan Covid-19 dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melalui  siaran video conference, Selasa,(14/4/2020).Dalam vidio conferance tersebut seluruh Kepala Daerah se-Sumatera temasuk Asahan agar mendengarkan himbauan dan arahan dari Gubsu dalam percepatan penanganan covid-19.

Gubsu mengatakan,Pemerintah Provinsi Sumatera Utara  telah menyediakan Rumah Sakit untuk masyarakat Sumut yang terkena covid-19.Selain itu, pihaknya juga akan berusaha mendapatkan APD yang saat ini sulit diperoleh.

"Kita Provsu akan berusaha memberikan hal yang terbaik bagi masyarakat Sumut.Hal itu guna penanganan percepatan covid-19 di Wilayah Sumatera Utara," tegas Gubsu.

Selain itu Gubsu juga mengatakan Pemerintah Provsu akan memberikan tambahan 100 APD kepada setiap Rumah Sakit yang ada. Yakni, Rumah Sakit yang menjadi rujukan disetiap daerah Kabupaten/Kota di Wilayah Sumut.

Dan kepada pihak Rumah Sakit,dirinya, mengintruksikan, jika ada pasien covid-19 yang meninggal di Rumah Sakit tersebut harus segera ditangani. Rumah Sakit harus melakukan pemakaman sesuai dengan SOP yang berlaku,jelasnya.

Dirinya, menghimbau jika ada masyarakat yang meninggal karena covid-19 ini janganlah dipersulit proses pemakamannya. untuk itu, dirinya meminta agar kepada Kepala Daerah  bertanggungjawab dalam hal pemakaman tersebut.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya  lagi menunggu kedatangan rapid test.Nantinya,rapid test  tersebut akan diberikan kepada seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Sumut.

"Setiap daerah akan kita serahkan rapid test sebanyak 1000 rapid test yang dipergunakan untuk antisipasi penyebaran covid-19 di wilayah masing-masing," ucapnya.

Mengenai, bantuan yang diberikan oleh APBN kepada para PKH dan para masyarakat yang terkena dampak wabah virus. Dirinya meminta kepada Kepala Daerah jangan memberikan bantuan ini berupa uang tunai tetapi diganti dengan pemberian sembako sesuai dengan jumlah uang yang akan diterima sebesar Rp. 200.000,-.

Diakhir vidio conferance Gubsu berharap kepada masyarakat agar mematuhi himbauan yang diberikan oleh Pemerintah salah satunya dengan menggunakan masker.Untuk itu,diharapkan kerjasama seluruh pihak  dalam mengatasi wabah covid-19 ini dengan tidak saling menyalahkan satu dengan yang lain.

Video conferance dengan Gubsu itu dilakukan di Ruang Kerja Wakil Bupati Asahan dihadiri  Asisten Perekomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, dan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan.Selain itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Asahan, Kepala Bagian Kesra Setdakab Asahan, Ketua MUI Kabupaten Asahan, Ketua Imtaq Kabupaten Asahan dan Ketua FKUB Kabupaten Asahan.(Ed/dp)
Share:
Komentar

Berita Terkini