|

Waspada! Ini Prediksi Penyakit yang Bisa Mewabah di Indonesia Tahun 2020

Kali Dibaca

Prediksi beberapa penyakit yang akan mewabah di 2020. Foto ilustrasi: iStock

Mediaapakabar.com-Seperti di tahun-tahun sebelumnya, masyarakat juga mulai penasaran prediksi di bidang kesehatan atau penyakit yang bisa mewabah di 2020. Tidak hanya ingin sekedar tahu, informasi ini akan menjadi suatu antisipasi untuk menekan perkembangan penyakit tersebut.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit Kementerian Kesehatan, dr Anung Sugihantono, MKes, mengatakan sesuai dengan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ada beberapa penyakit meningkat.

"BMKG menyebutkan curah hujan di tahun ini akan lebih tinggi dari 2019. Kalau benar, pasti akan ada implikasi terhadap beberapa penyakit yang masih ada hubungannya dengan hujan," ujarnya saat ditemui di Gedung Adhyatma Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020).

Beberapa penyakit yang diperkirakan akan melonjak naik seperti demam berdarah, leptospirosis (kencing tikus), dan malaria. Selain itu, penyakit umum lainnya misal diare, pneumonia, gangguan pencernaan, hingga keracunan makanan juga bisa jadi ancaman karena lingkungan yang tidak cukup bersih.

Tak hanya itu, dr Anung juga menuturkan berdasarkan BMKG musim kemarau akan lebih kering dari tahun 2019 lalu.

"Ya kalau itu terjadi, tentu penyakit yang terkait dengan mata misal memerah, pencernaan, pernapasan seperti ISPA, atau yang kontak langsung ke kulit juga pasti akan meningkat. Itu yang harus diantisipasi saat ini sampai seterusnya," katanya.

"Kalau dari data Kemenkes sendiri, yang harus diwaspadai seperti demam berdarah, antraks, dan hepatitis A yang meningkat hingga saat ini," tambahnya.



Sumber : Detik.com
Komentar

Berita Terkini