|
Follow Us :

Iran Pertimbangkan Beli J-10 dari China

Kali Dibaca


j-10
Mediaapakabar.com-Kementerian Pertahanan Iran sedang mempertimbangkan untuk membeli jet tempur multi-peran J-10 China untuk membangun kekuatan udara mereka yang tertatih-tatih karena embargo berkepanjangan.

Kantor Berita Sina melaporkan Qatar telah memberikan kepada Iran bantuan dana sebesar US$ 3 miliar  atau sekitar Rp 41 triliun setelah kecelakaan pesawat Ukraina yang jatuh karena keliru ditembak Garda Revolusi Iran.
Laporan itu mengatakan Iran akan memberi keluarga korban sekitar US$ 1,5 miliar, yang kira-kira US$ 850.000 untuk setiap korban.
Sisa uang bantuan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan angkatan udara Iran, karena banyak dari pesawat mereka sudah ketinggalan zaman.
“Saat ini, Angkatan Udara Iran berada dalam situasi dengan peralatan terburuk, dan jet tempur baru sangat dibutuhkan untuk menggantikan yang lama. J-10 adalah salah satu target potensial, ” tulis Sina sebagaimana dikutip Al Mardar News Kamis 16 Januari 2020.
J-10, yang merupakan salah satu jet tempur buatan domestik China. Selain itu S-30 Rusia juga sedang dipertimbangkan secara serius untuk menggantikan pesawat tua mereka.
“J-10C adalah pesawat tempur serbaguna dan dapat diganti pada saat yang bersamaan. Model-model ini membantu menyederhanakan logistik. Pada saat yang sama, pesawat tempur Su-30 Rusia juga merupakan target pembelian potensial. Pesawat tempur Su-30 memiliki jangkauan jauh dan besar amunisi, yang dapat menggantikan pesawat tempur berat F14, ”tambah mereka.
Kementerian Pertahanan Iran belum mengomentari laporan terbaru ini dari Sina News China tersebut.(Jejaktapak)
Komentar

Berita Terkini