|

Pemko Medan Apresiasi Gerakan Perempuan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon TP PKK Kota Medan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Pemko Medan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Medan bersama TP PKK Kota Medan menggelar Pembinaan Gerakan Perempuan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon di Jalan Rawe IX Kelurahan Tangkahan Kecamatan Medan Labuhan, Selasa (10/12/2019).

Dalam kesempatan tersebut Plt Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala Dinas P3APM Kota Medan Khairunisa bersama Plt Ketua TP PKK Ny Hj Nurul Khairani Akhyar, Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanla) Kota Medan, Camat Medan Labuhan Rudi Asriandi beserta istri melakukan tanam bibit pohon mangga serta menaburkan bibit ikan lele.

Dikatakan Kadis P3APM Kota Medan, kegiatan ini merupakan program kerja PKK yang terkait dengan program ketiga bidang pangan dan program ke sembilan dibidang kelestarian hidup. Tentunya dengan adanya gerakan tersebut, dapat dijadikan motivasi para kaum perempuan agar dapat melakukan pemanfaatan lahan pekarangan dengan berbagai tanaman yang dapat dimanfaatkan di rumah masing-masing serta hasil tanaman juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dalam pemenuhan gizi.

"Saya berharap gerakan ini dapat benar-benar dilaksanakan dengan baik khususnya para warga binaan PT P2W-KSS di Kelurahan Tangkahan ini. Mulai saat ini kita sudah mulai dapat memanfaatkan perkarangan, selain itu juga kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga," harap Khairunisa.

Sementara itu Plt Ketua TP PKK Ny Hj Nurul Khairani Akhyar mengatakan TP PKK Kota Medan mengerahkan jararannya hingga ke tingkat Kelurahan dan Kelompok Dasa Wisma sekaligus berkoordinasi dan menjalin kemitraan dengan organisasi-organisasi perempuan se Kota Medan untuk bergerak melakukan Tebar, Tanam dan Pelihara Pohon dilingkungan masing-masing.

"Dengan gerakan ini diharapkan kaum ibu dan perempuan di Kota Medan dapat menjadi pelopor penghijauan yang kemudian akan memberikan dampak positif dalam memotivasi ibu rumah tangga untuk tergugah melakukan penanaman pohon dilingkungan rumahnya masing-masing," jelas Nurul.

Oleh sebab itu, Ny Nurul Khairani menekankan bahwa Keluraham Tangkahan merupakan lokasi kegiatan PT P2W-KSS Kota Medan Tahun 2020. Oleh karena itu Nurul berharap agar seluruh warga binaan PT P2W-KSS dapat melaksanakan pemanfaatan lahan perkarangan dengan berbagai tanaman yang ditanam di rumah masing-masing.

"Tentunya dengan melakukan pemanfaatan lahan perkarangan kita dapat melakukan penanaman berbagai tanaman yang dapat dikembangkan dilahan perkarangan seperti tanaman sayur-sayuran, buah-buahan, bumbu-bumbuan, tanaman obat keluarga, tanaman hias, dan tumbuhan produktif lainnya," tegasnya.(re/dn)
Komentar

Berita Terkini