|

Jokowi: Sekarang Bukan Adu Ijazah Tetapi Skill dan Kompetensi

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya kompetensi dan keterampilan untuk memasuki persaingan dalam dunia kerja.
"Semua negara sekarang ini persaingannya ada di situ. Bukan ijazahmu apa, bukan adu ijazah sekarang, adu keterampilan, adu skill dan kompetensi," ujar Jokowi usai meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas se-Indonesia di Pesantren Al-Fadlu 2, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Senin (30/12/2019).
Persaingan antarnegara kini, kata Jokowi, sangat ketat sehingga kemampuan kompetensi seseorang harus ditingkatkan agar bisa bersaing dalam menghadapi pasar dunia kerja.
"Hampir semua negara sekarang mengasah skill, keterampilan, kejuruan diangkat, tetapi kadang-kadang di negara kita gak nyambung, misalnya bank, lembaga keuangan perlu teknisi coding, perlu teknisi programming tetapi supplynya gak ada," ujar Jokowi.
Karena itu pemerintah, menurut Jokowi, terus meningkatkan pembangunan sumber daya manusia untuk mewujudkan Indonesia maju. Salah satu langkahnya dengan mendirikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
"Sekarang ini yang namanya persaingan, namanya kompetisi antarnegara begitu sangat ketatnya. Adu ekonomi, adu pinter-pinteran manusia di negara itu semuanya berkompetisi. Begitu manusianya atau SDM nya kalah ya sudah ditinggal oleh negara lain. Dan kita gak mau," jelas Jokowi.

Sumber: BeritaSatu TV
Komentar

Berita Terkini