|
Follow Us :

Ini Lho Keistimewaan Bawang Putih Untuk Kesehatan

Kali Dibaca




Mediaapakabar.com-Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang wajib tersedia di dapur tiap masyarakat Indonesia . Mesakan terasa tidak lengkap rasanya jika tidak ada bawang putih atau berambang putih. Selain untuk menyedapkan rasa masakan, bawang putih terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan keluarga di rumah,  Apalagi jika dimakan mentah. Penasaran apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan?
Apa kandungan nutrisi bawang putih?

Berambang putih juga diperkaya oleh senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida. Ketika bawang putih mentah dikunyah dalam mulut, zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin.
Manfaat bawang putih untuk kesehatan :

1. Menurunkan kolesterol
Bawang putih dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi. Penelitian terdahulu yang dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine mengutarakan bahwa makan bawang putih mentah sekitar 10 gram (1-2 siung kecil) setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.

Temuan tersebut juga diperkuat oleh beragam studi yang lebih terkini. Salah satunya yaitu studi yang dimuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health tahun 2016. Tim peneliti yang berasal dari India awalnya meminta 50 orang yang memiliki kolesterol tinggi untuk rutin memakan 3 gram bawang putih mentah satu kali setiap hari. Setelah 90 hari dari masa percobaan, semua partisipan tersebut mengalami penurunan kolesterol yang cukup banyak, yaitu sekitar 10-13 persen.

Peneliti menemukan manfaat yang berasal dari kandungan allicin dalam bawang putih. Unehnya, allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk, atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

2. Mengendalikan tekanan darah
Jika Anda termasuk orang yang berisiko atau sudah terdiagnosis hipertensi, menjaga pola makan adalah salah satu kunci agar tetap sehat. Dari begitu banyaknya makanan sehat yang ada, bawang putih bisa jadi andalan Anda.

Ya! Potensi manfaat dari bawang putih untuk menurunkan tekanan darah sudah lama dikenal dibanding dengan obat hipertensi generik. Hasil dari penyusutan tekanan darah sistolik dan diastolik sehabis makan bawang putih mentah hampir sama dengan obat atenolol.

Lagi-lagi, khasiat ini berasal dari kandungan allicin yang hanya didapat ketika siung bawang putih mentah dikunyah, diuleg, atau dipotong. Upaya ini membuat allicin lebih mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, bawang putih juga mengandung polisulfida yang bekerja membantu memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah.

3. Menyehatkan jantung
Berita baiknya, bawang putih juga memiliki kemampuan untuk mencegah risiko penyakit jantung. Bawang putih telah diketahui sebagai obat tambahan dalam menurunkan kolesterol yang dapat mengurangi risiko aterosklerosis.

Uniknya, manfaat yang paling banyak ditunjukkan oleh intisari dari bawang putih yang dikeringkan (aged garlic). Melingkup dari sejumlah penelitian, inisari dari aged garlic mengurangi penumpukan plak lunak dan mengatasi pembentukan plak baru di arteri.

Penelitian yang memanfaatkan aged garlic juga menunjukkan efek dari penurunan kadar kalsium serta protein C-reaktif dalam arteri koroner. Endapan kalsium dalam arteri koroner merupakan tanda adanya penumpukan plak yang dapat mempersempit atau menyumbat arteri. Sementara protein C-reaktif adalah protein khusus yang memicu peradangan.
Dua kondisi di ataslah yang kemudian memicu aterosklerosis. Ketika aterosklerosis terjadi, Anda akan lebih rentan terhadap serangan jantung atau stroke.

4. Menurunkan risiko kanker
Manfaat dari bawang putih telah dikenal sejak berabad-abad. Bukti penelitian sejauh ini menunjukkan kaitan antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko dari beberapa jenis kanker. Termasuk kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Bawang putih mentah kaya kandungan sulfur aktif yang dapat mencegah dari pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan otak
Denagn memakan bawang putih mentah ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung, tapi juga otak.
Peneliti dari Universitas Missouri mendeteksi bahwa turunan karbohidrat dalam bawang putih yang dikenal sebagai FruArg melindungi sel-sel otak terhadap efek penuaan dan penyakit. FruArg dilaporkan mengurangi kadar oksida nitrat yang diproduksi oleh sel mikroglia di dalam otak selama melawan peradangan dan stres oksidatif.

6. Mengatasi jerawat
Jangan menyerah dulu jika seribu satu cara menghilangkan jerawat sudah Anda coba tapi tidak ada yang berhasil. Stok bawang putih di dapur mungkin bisa jadi solusinya.

Berbagai studi membuktikan bahwa allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang membantu membunuh kuman penyebab jerawat. Berbagai sifat ini turut membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan rona kulit.

Bawang putih juga memuat vitamin dan mineral yang dapat membasmi jerawat. Mulai dari vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang berguna untuk mengendalikan minyak berlebih pada wajah

7. Memperkuat tulang
 Flavonoid pada bawang putih berpotensi meningkatkan pembentukan tulang sementara memperlambat proses pengeroposan mineral tulang. Nah dari keluarga bawang, bawang putih dan daun bawanglah yang ditemukan paling efektif menghambat proses perapuhan tulang.

8. Melawan radang, pilek, dan batuk
Bawang putih merupakan obat alami untuk memperkuat daya tahan. Senyawa allicin yang ada pada bawang putih terbukti ampuh untuk membunuh berbagai kuman penyebab penyakit, seperti pilek dan flu, batuk, dan radang tenggorokan.

Jika sakit, memakan bawang putih dapat meredakan gejalanya dan membantu kamu lebih cepat sembuh. Berbagai penelitian juga melaporkan bahwa rutin makan bawang putih mentah mengurangi risiko jatuh sakit akibat tertular penyakit-penyakit di atas.

Sumber : Herbalnatif.com
Komentar

Berita Terkini