|

Ini 5 Keuntungan Konsumsi Induk Kunyit

Kali Dibaca



Mediaapakabar.com-Kunyit merupkan rempah untuk penyedap makanan, namun ternyata manfaat kunyit bukan hanya itu. Kunyit juga berguna untuk kesehatan. Untuk mengetahui 5 manfaat kunyit, simak penjelasannya sebagai berikut :

Berikut Berbagai Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan:
1. Mengobati Maag 
Kunyit sudah sejak dahulu digunakan sebagai bahan alami untuk pengobatan gangguan pencenaan. Maka ketika gejala maag kambuh, kamu dapat menyeduh secangkir teh hangat dengan kunyit sebagai obat pereda rasa sakit.

2. Meredakan Nyeri Haid
Perempuan indonesia sudah tidak asing lagi dengan jamu kunyit asam sebagai obat pereda nyeri haid. kandugan kurkumin yang terdapat didalam kunyit ternyata memiliki efek pereda nyeri alami, yang bekerja dengan cara melemaskan kontraksi otot rahim penyebab kram perut. Manfaat kunyit ini semakin diperkuat oleh efek antioksidan tannin, sesquiterpenes, saponin, alkaloid, dan phlobotamin dari asam jawa yang menenangkan kontraksi otot rahim. Walaupun begitu, beberapa ahli kesehatan menyarankan wanita yang pendarahan menstruasinya berat untuk tidak mengkonsumsi  jamu kunyit.

Mengendlikan Diabetes
Jika kamu punya diabetes, tidak ada salahnya coba menggunakan pengobatan alami untuk mengobati gula darah tetap stabil, yaitu dengan mengkonsumsi kunyit secara rutin. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak yang terdapat pada kunyit dapat meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani. Hal ini membantu menurunkan komplikasi terkait diabetes yang diakibatkan oleh peradangan. Namun walaupun begitu, masih perlu dilakukan banyak uji klinis untuk memastikan manfaat kunyit untuk diabetes.

4. Meredakan Peradangan
Kurkumin dipercaya menghambat sitokim dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar Histamin sementara meningkatkan produksi kortison alami dklenjar adrenal. Berbagai uji praklinis melaporkan khasiat kunyit yang menyakinkan untuk berbagai penyakit terkait peradangan mulai dari kanker penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut ,radang sendi, aterosklerosis dan diabetes. Namun sampai saat ini belum ada penelitian besar yang dapat memverifikasi bukti-bukti anti radang kunyit bagi manusia.

5. Meredakan Perut Kembung
Kentut (Buang gas) merupakan suatu hal yang menandakan bahwa pencernaan kita sedang baik-baik saja. Tapi apabila sudah berlebihan ,maka ada yang salah pada pencernaan kita . Kurkumin membantu pergerakan otot organ pencernaan agar tetap bergerak lancer untuk mengurangi tekanan gas dalam perut,Kunyit juga membantu lambung menghentikan asam berlebihan yang menyebabkan kembung.

Sumber : Herbalnatif.com
Komentar

Berita Terkini