|

Bupati Baktiar Sibarani Setuju Berdirinya Universitas Negeri Dan Jalan Tol Muara-Tarutung-Sibolga-Tapteng

Kali Dibaca
Bupati Baktiar Sibarani  Setuju Berdirinya Universitas Negeri Dan Jalan Tol Muara-Tarutung-Sibolga-Tapteng
Bupati Taput Drs. Niskon Nababan saat berbincang-bincang dengan Bupati Tapteng Baktiar Sibarani usai menandatangani MoU pembangunan universitas negeri dan jalan tol Muara-Tarutung-Sibolga-Tapteng.(Dok)
Mediaapakabar.com-Bupati Tapanuli  Tengah (Tapteng) apresiasi perjuangan Bupati Taput Drs. Nikson Nababan untuk mendirikan sebuah universitas negeri di kawasan Tapanuli Raya.

" Saya sangat setuju dengan buah pikiran Abang saya Nikson Nababan itu. Mendirikan universitas negeri untuk peningkatan SDM masyarakat Tapanuli," ucap Baktiar Sibarani saat pemaparan dalam Focus Group Discussion (FGD) pengembangan interkoneksi kawasan wisata Danau Toba dan Wisata Bahari Sibolga Tapteng, Minggu (15/12) di Poncan Sibolga pada kegiatan safari jurnalistik PWI Bonapasogit.

Bila universitas negeri telah berdiri lalu jalan tol Parapat-Muara-Tapteng dibangun, jelas akan memajukan parawisata, perekonomian, SDM dan menghemat biaya masyarakat Tapanuli Raya.

Dengan dibangunnya jalan tol itu, jarak Sibolga-Tapteng ke Taput akan tempuh dalam waktu cepat. Dari dua jam bisa menjadi 20 menit. Mahasiswa dari Sibolga-Tapteng nantinya sudah tidak ber kost lagi di Taput.

Berdasarkan data yang kita peroleh, jumlah mahasiswa Tapteng -Sibolga  yang kuliah diluar wilayah Tapanuli jumlahnya mencapai 6700 orang.

Bisa kita bayangkan, berapa ratus juta biaya yang keluar dari Sibolga -Tapteng setiap bulannya. Lain lagi dari Kabupaten Tapanuli Utara, Tobasa, Humbahas dan Samosir.

" Bisa mencapai puluhan triliun setiap tahunnya. Kalau uang sebesar itu tinggal dan berputar di kawasan Tapanuli Raya, saya yakini pertumbuhan ekonomi akan cepat meningkat," kata Baktiar.

Kita sudah ada kepastian pembangunan jalan tol di Sibolga-Tapteng. Tahun 2020 sudah mulai tahap pembebasan lahan.

Untuk mewujudkan itu, mari kita bersinergis antara kepala daerah kabupaten kota yang ada di Tapanuli Raya.

" Mari kita sama-sama berangkat ke Kementrian PUPR dan menjumpai pak presiden. Wajar kalau kita minta itu, warga Tapanuli Raya sudah berjuang untuk pak presiden," tegasnya Baktiar yang juga politisi partai Nasdem itu.

Bila pengusulan berdirinya universitas negeri di Tapanuli Raya sudah ready, saya berkeinginan agar di Tapteng dibangun dua Fakultas saja. Fakuktas Ekonomi dan Kemaritiman.

Saya katakan itu, karena Sibolga - Tapteng memiliki laut dan cocok menjadi kawasan bisnis.
Setelah itu, Bupati Taput Drs. Nikson Nababan, Bupati Tapteng Baktiar Sibarani, Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk diwakili Kadis Parawisata Sibolga Yahya Hutabarat menandatangani MOU usulan pembangunan universitas negeri dan jalan tol  Muara-Tarutung-Sibolga-Tapteng.

Penandatanganan itu juga disaksikan,  Ketua DPRD kota Sibolga Akhmad Sukri, Ketus DPRD Tapteng Kiyadi Pasaribu, Sekdakab Taput Indra Simare-mare beserta OPD Taput. (Win)
Komentar

Berita Terkini