|

BKN: 22 Instansi Belum Umumkan Hasil Seleksi Administrasi CPNS

Kali Dibaca


Jelang minggu terakhir 2019, tercatat masih ada 22 instansi yang belum mengumumkan hasil seleksi administrasi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Foto/SINDOnews

Mediaapakabar.com-Sebanyak 22 instansi belum mengumumkan hasil seleksi administrasi Calon pegawai negeri sipil jelang minggu terakhir 2019.Berdasarkan data yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih ada 22 instansi yang belum mengumumkan. “Sampai saat ini yang belum menampilkan pengumuman masih ada 22 instansi. Masih ada 38.340 pelamar yang masih diproses di 22 instansi tersebut,” kata kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro (Karo) Humas BKN Paryono saat dihubungi, Minggu (22/12/2019).

Dia mengatakan, 22 instansi tersebut di antaranya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), BPK, BKKBN, BPTP, Polri dan LKPP. Menurutnya setiap instansi diberikan waktu sampai 16 Desember lalu. Namun memang masih ada yang meminta perpanjangan waktu untuk melakukan verifikasi.

“Mungkin salah satunya karena verifikasinya banyak. Sehingga ada 22 instansi minta perpanjangan waktu untuk pengumuman. Ya kemarin banyak ada yang perpanjangannya sampai 17, 18, 19 Desember,” ujarnya.

Paryono menduga keterlambatan ini tidak lepas dari proses pengumuman yang juga molor. Dia mengatakan tidak semua instansi membuka pendaftaran pada 11 November lalu. “Kan saat pendaftaran tidak barengan. Jadi terdampak sampai proses pengumuman. Makanya masih ada yang belum selesai,” ungkapnya.

BKN pun telah mengingatkan instansi untuk segera menuntaskan proses verifikasi administrasi. Dimana pada akhir Januari 2020 proses seleksi kompetensi dasar (SKD) akan dilakukan. “Sudah kita ingatkan akhir Januari sudah SKD. Kan SKD setiap instansi itu bekerjasama dengan BKN. Jadi memang seharusnya minggu awal Januari clear. Sehingga kita bisa susun jadwal. Nanti tidak nanti bisa berpengaruh ke SKD,” jelasnya.

Sampai dengan kemarin terdapat 3.346.937 pelamar yang dinyatakan memenuhi syarat dan ikut SKD. Sementara terdapat 811.941 pelamar yang tidak memenuhi syarat. “Dari yang tidak memenuhi syarat, 261.871 melakukan proses sanggah sebanyak 148.351 di antaranya sudah diverifikasi. Tapi soal jawaban verifikasi itu kami tidak ada datanya,” tuturnya.



Sumber : Sindonews.com
Komentar

Berita Terkini