Hirup Gas Beracun Saat Kuras Sumur, Dua Warga Umbulrejo Gunungkidul Tewas

Media Apakabar.com
Minggu, 10 November 2019 - 20:20
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Dua warga Dusun Plalar, Desa Umbulrejo Ponjong, Gunungkidul. tewas mengenaskan akibat menghirup gas beracun saat menguras sumur milik tetangganya. Kedua korban yakni Karsiyo (33) dan Suharwanto (34).

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, kejadian memilukan itu berawal saat kedua korban dimintai tolong oleh tetangganya, Basukiyono untuk membetulkan pompa air. Setelah membetulkan pompa muncul ide untuk menguras sumur berkedalaman 25 meter lantaran kotor.

"Namun saat mau menyedot air menggunakan mesin diesel, selangnya kurang panjang. Kemudian Karsiyo turun mau menambah selang, tapi sampai di bawah terpeleset, kondisinya lemah," kata Basukiyono kepada wartawan, Minggu (10/11/2019) sore dilansir Sindonews.com.

Salah satu tetangga yang mendengar, Satiyar (45) kemudian datang dan berusaha membantu. Namun sesampai di bawah dia ikut lemas karena sumur mengeluarkan gas Co2. Basukiyono semakin panik dan kembali meminta tolong warga.

Warga pun berdatangan untuk memberikan pertolongan. Satiyar akhirnya berhasil dievakuasi dengan cara manual dan dilarikan ke puskesmas. Warga tidak berani mengevakuasi Karsiyo dan Suharwanto karena minimnya oksigen di dalam sumur. "Kemudian kita laporan dan dievakuasi Basarnas," katanya.

Kedua korban dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia karena kehabisan oksigen. "Kami menghimbau masyarakat hati-hati ketika memperdalam sumur atau menguras dan perbaikan mesin ketika harus masuk sumur. Perhatikan kondisi dalam sumur, kalau mengandung Co2 maka lebih baik diurungkan," kata salah satu petugas Basarnas, Didit Pambudi.

Melihat temannya kelelahan di bawah, Suharwanto berusaha membantu. Namun sayang, dia justru ikut lemas di dasar sumur. "Saya lalu matikan mesin dan minta tolong tetangga," katanya.

editor:armen
Share:
Komentar

Berita Terkini