Plt Bupati Asahan Hadiri Acara Resik Kampung Warga Jawa BP Mandoge

Media Apakabar.com
Selasa, 17 September 2019 - 14:15
kali dibaca
Plt Bupati Asahan Hadiri Acara Resik Kampung Warga Jawa BP Mandoge

Mediaapakabar.com-Untuk mendapatkan berkah dan menangkal datangnya marabahaya,masyarakat kecamatan Bandar Pasir Mandoge lakukan tradisi Suroan dengan resik kampung.Suroan dilaksanakan dalam rangka peringatan Tahun Baru Islam 1441 H.

Tradisi resik kampung merupakan kegiatan yang setiap tahun dilakukan oleh warga jawa BP.Mandoge menitik beratkan dengan rasa ketentraman batin maupun keselamatan jiwa.

Selain itu,masyarakat jawa menyakini kita harus bersikap eling (ingat) dan waspada. Eling disini artinya manusia harus tetap ingt siapa dirinya dan dimana kedudukannya sebagai ciptaan Tuhan.Sedang arti waspada berarti manusia juga harus terjaga dan berhati-hati dari godaan yang menyesatkan sebut ketua panitia pelaksana Suyono (15/09/2019).

"Kami ucapkan terimakasih kepada Plt Bupati Asahan dan rombongan yang telah bersedia hadir dalam acara suroan yang setiap tahun kami laksanakan" ucapnya.

Sementara itu Tokoh Masyarakat setempat Thomas Jayaman Saragih berharap kiranya moment suroan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bersih-bersih,baik itu bersih lingkungan rumah,desa sampai ke Kecamatan bahkan sampai ketingkat kbupaten.

Thoms berharap kiranya warga jawa terus dapat melestarikan budaya jawa yang sekarang sudah mulai tergerus oleh perkembangan zaman.Hal ini dapat dilakukan apabila warga Jawa mempunyai komitmen untuk terus melestarikanya.

"Apabil ketika Alm. H.Taufan Gama Simatupang dan Surya memimpin telah mempunyai agenda rutin berupa pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan yang bermanfaat untuk memperkenalkan ragam budaya yang dimiliki multi etnis di Kabupaten Asahan.

Maka untuk itu saya atas nama Tokoh Masyarakat dan kami panitia pelaksana suroan resik kampung BP Mandoge meminta kepada Plt Bupati Asahan H.Surya untuk dapat maju dan mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020 mendatang,harap Thomas dan Suyono.

Ditempat yang sama DPD Pujakusuma Kab Asahan Rianto dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa kita harus dapat melestarikan kebudyaan jawa khususnys di Kabupaten Asahan.Saat ini sudah memiliki Joglo yang cukup memadai untuk pembinaan Seni Budaya Jawa.

"Maka untuk itu saya berharap warga jawa harus dapat berkomitmen dalam memajukan kesenian Jawa kedepannya dsn tidak malu untuk menunjukkan identitas sebagai warga jawa " ujar Rianto.

Plt Bupati Asahan H Surya dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa acara Resik Kampung atau Bersih Kampung yang dilaksanakan saat ini adalah merupakan warisan budaya leluhur yang harus dilestarikan.

"Kegiatan resik kampung yang selalu dilaksanakan tiap tahun ini harus dapat kita pertahankan dengan demikian masyarakat dapat lebih berhati-hati dengan artian agar hati warga masyrakat menjadi bersih dan bebas dari rasa iri dengki dan niat yang tidak baik" kata H.surya.

Selain itu dengan adanya resik kampung marilah kita semuanya agar dapat menjaga perdamaian,kerukunan dan keguyupan demi mencapai kemakmuran bersama.Selain itu mari kita hidupkan kembali budaya semangat bergotong royong guna menjaga kerukunan dan mempersatukan perbedaan.

Perihal harapan tokoh masyarakat dan panitia pelaksana terkait pelaksanaan pilkda 2020,Plt Bupati Asahan mengucapkan terimakasih atas dukungan yang diberikan kepadanya."Terimakasih atas dukungannya,Insya Allah saya akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Asahan kedepannya" kata surya.

(Depram)
Share:
Komentar

Berita Terkini