|

Kericuhan di Papua, Polda Sumut Kirim Pasukan...

Kali Dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Kericuhan di Papua semakin bergejolak. Kondisi keamanan pun semakin tidak kondusif. Bahkan dalam dua hari terakhir beberapa fasilitas publik, termasuk kantor-kantor pemerintahan dibakar massa.

Untuk meredam gejolak tersebut, aparat meningkatkan sistem pengamanan. Polri dan TNI mulai mengirim pasukan untuk mengamankan situasi di Papua.

Dilansir dari Analisa Daily, Sabtu (31/8/219) Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara juga ikut menurunkan personelnya guna menjaga keamanan di Papua dan Papua Barat.

"Sekitar 500 personel Brimob Polda Sumut dikirim hari ini ke Papua. Mereka akan dilibatkan untuk memulihkan keamanan di Provinsi Papua dan Papua Barat," kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmadja, Sabtu (31/8).

Menurut Tatan pelepasan para personel dilakukan di Markas Brimob Tanjung Morawa, Deli Serdang, Jumat (30/8/2019) malam.

"Pasukan yang diberangkatkan pada gelombang pertama ini sebanyak 250 orang. Mereka akan langsung diterbangkan menuju bandara di Jayapura. Selanjutnya sisa personil lainnya akan diberangkatkan pada gelombang berikutnya," tutur Tatan.

Tatan mengungkapkan, para personel Brimob yang dikirim ke Papua akan melaksanakan operasi pengamanan dengan cara persuasif untuk memulihkan suasana.

"Seperti penegasan Bapak Kapolda, personel harus mengutamakan cara-cara kemanusiaan dalam bertugas. Persuasif. Tidak ada yang menggunakan peluru tajam. Selain itu, petugas yang diberangkatkan ke sana juga fokus untuk menyelamatkan warga, termasuk harta benda mereka," ungkapnya.

Terkait berapa lama personel Brimob Polda Sumatera Utara bertugas di Papua, Tatan mengaku belum bisa memastikannya.

"Belum bisa dipastikan personel ini akan bertugas sampai kapan. Fokus kami pada pemulihan keamanan di sana. Jika sudah kondusif, maka akan ditarik," tukasnya.(ni)
Komentar

Berita Terkini