|

Dewan Pers Nilai Partisipasi Masyarakat Rendah

Kali Dibaca
Ketua Dewan Pers, Yosep Adhi Prasetyo Pada Workshop Pers Di Hotel Arya Duta Medan, Selasa (29/1/2019). zih 
Mediaapakabar.com- Ketua Dewan Pers (DP) menilai partisipasi masyarakat dalam menyongsong pesta demokrasi serentak yang akan dilaksanakan di seluruh tanah air pada 17 April mendatang, begitu rendah.

" Oleh sebab itu, disinilah peran dari pers (media massa) untuk memberikan pencerahan dan motivasi kepada masyarakat agar tidak hanya jadi penonton dan diam saja," kata Yosep Adhi Prasetyo dalam Workshop bertema ' Peran Pers Dalam Mendorong Pemilu Berkualitas ' di Arya Duta Medan, Selasa (291/2019).

Ia mengatakan, teori politik yang menjadi landasan di negara kita adalah Trias Politika. Namun, bila diterjemahkan secara benar, tentu sesuai dengan apa yang menjadi tujuan bernegara.

" Tetapi Trias Politika itu selalu dipelesetkan yakni tiga pilar lembaga yang ada itu seperti Legeslativ menjadi Legeslathiefs, Yudikativ menjadi Yudikathiefs dan Eksekutiv ditukar menjadi Eksekuthiefs," ungkap Stanly panggilan akrab dirinya.

Lebih jauh Stanly mengungkap, peranan pers memang sangat dibutuhkan pada saat menjelang Pemilu seperti sekarang. Mengingat bila pers (media massa) tidak gencar dalam memberikan pemberitaan kepada masyarakat tentang pentingnya Pemilu, maka hal itu akan menjadikan buramnya demokrasi dan rendahnya tingkat kepedulian masyarakat terhadap masa depan bangsa ini.

" Makanya kita dari Dewan Pers akan melaksanakan workshop selanjutnya setelah ini tentang peranan pers tersebut di seluruh kota Indonesia. Dan dari Kota Medan pertama kali diselenggarakan pada tahun ini," pungkasnya. (zih) 
Komentar

Berita Terkini