Pengungsi Rohingya Di Meulaboh 'Menghilang' Di Camp Penampungan

Media Apakabar.com
Minggu, 02 Juni 2024 - 20:52
kali dibaca
petugas berada di camp pengungsi Rohingya yang telah kosong. (foto : dok)

Mediaapakabar.com
- Seluruh pengungsi etnis Rohingya di Kabupaten Aceh Barat menghilang di camp pengungsian Komplek perkantoran bupati di Meulaboh, Sabtu dini hari (01/06/2024) Informasi menyebut, seluruh tenda telah kosong dan sebagian pakaian milik pengungsi yang masih terjemur digantungan dan lantai ditinggal begitu saja. 

Sebelumnya yakni pada Jumat malam tampak sejumlah mobil Innova berjejer di depan kantor bupati di Jalan Gajah Mada.

Keberadaan mobil tersebut tidak dicurigai lantaran di seberang jalan terdapat cafe dan diduga pengunjung biasa. Ternyata pada paginya pengungsi Rohingya sudah tak ada yang tersisa lagi, tenda pengungsi sepi.

Di lokasi hanya petugas dari PMI dan Satpol PP dan WH Aceh Barat untuk membersihkan tenda yang sudah kosong tersebut.

Sejauh ini belum diketahui secara jelas bagaimana para etnis Rohingya meninggalkan tenda pengungsian di Komplek kantor bupati di Meulaboh, karena belum ada keterangan resmi dari Satgas penanganan pengungsi Rohingya Aceh Barat.

Sementara untuk jumlah pengungsi Rohingya di Aceh Barat sebanyak 75 orang, seiring waktu berjalan jumlah mereka terus menyusut di bawa kabur oleh penyeludup secara bertahap.

Puncaknya pada Sabtu subuh seluruh pengungsi itu telah dibawa kabur oleh penyeludup yang hingga saat ini belum terungkap secara jelas, meski pelaku yang membawa kabur sempat ditangkap, namun dilepaskan dengan alasan tidak memenuhi unsur. (MC/ZF)

Share:
Komentar

Berita Terkini