Lembaga Survei Vote Institute Untuk Pilgub Sumut Unggulkan Bobby

Media Apakabar.com
Sabtu, 01 Juni 2024 - 06:51
kali dibaca
Foto: Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri Syukuran HUT ke-54 Harian SIB, Jalan Brigjen Katamso Medan, Jumat (31/5). 

Mediaapakabar.com
- Peneliti Vote Institute Farida Hanim memaparkan popularitas Bobby Nasution yang masih menjabat Wali Kota Medan menempati posisi tertinggi per Mei 2024.

" Bobby Nasution angka popularitasnya mencapai 21,4 persen. Pertanyaan popularitas ini diajukan tanpa bantuan show card namun berdasarkan top of mind dari responden," paparnya pada pers, Rabu (29/05/2024).

Penelitian tersebut dilakukan Lembaga Survei Vote Institute yang merilis hasil terbaru menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) 2024. 

Selanjutnya, yang menyusul menantu Presiden Joko Widodo dari lembaga survei itu adalah eks Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebesar 13,7 persen dan mantan Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeksah (Ijeck) 3,9 dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) 3,8 persen.

Tak hanya popularitas, Bobby Nasution juga diklaim unggul dalam hal elektabilitas jelang Pilkada Sumut 2024. 

" Elektabilitas Bobby mencapai 35,2 persen. Sementara Edy Rahmayadi 23,1 persen, Ahok 13,1 persen dan Ijeck 7,8 persen," ungkapnya. 

Dari hasil survei, ia tak memungkiri status Bobby sebagai menantu Jokowi menjadi pertimbangan responden. 

" Ada 27,5 persen yang mengingatnya sebagai Walikota Medan dan 23,3 persen yang mengaitkan figurnya dengan Jokowi," jelasnya. 

Dirinya yang juga pengamat politik itu menilai keterkaitan dengan Jokowi menjadikan elektabiltas Bobby Nasution tinggi. Sebab, kedekatan dengan pusat membuat potensi pembangunan di Sumut akan lebih mulus.

" Hal yang bisa dijelaskan dari survei bahwa ada kaitan antara kepuasan terhadap Jokowi dan elektabilitas Bobby Nasution. Sebanyak 76 persen pemilih Bobby Nasution adalah orang-orang yang puas dengan kinerja Jokowi," ucapnya. 

Selain itu, ia juga menyoroti alasan responden yang menilai Bobby Nasution tegas hingga bebas dari korupsi dan Bobby juga dilirik pemilih muda.

" Dibandingkan dengan bakal calon lain, pemilih muda memang cenderung memilih figur Bobby Nasution. Tapi memang ada kecenderungan bahwa persentase pemilih Bobby Nasution menurun pada mereka yang berusia 55 tahun ke atas," sebutnya. 

Survei Vote Institute soal Pilgub Sumut melibatkan 1.800 responden di 33 Kabupaten/kota. Ada  21 tokoh yang menjadi objek wawancara siapa yang paling diinginkan untuk menjadi gubernur Sumut pada periode berikutnya. (MC/CNN)
Share:
Komentar

Berita Terkini