Harga Cabai Merah di Sumut Turun! Bawang Merah Diprediksi Menyusul

REDAKSI
Minggu, 23 Juni 2024 - 09:09
kali dibaca
Ket Foto: Ilustrasi. 

Mediaapakabar.com
- Harga cabai merah di Sumatera Utara (Sumut) sudah mulai turun hari ini. Beberapa pasar kini perlahan menurunkan harga di bawah Rp 60 ribu per kg.

Hal itu berdasarkan data Disperindag ESDM Sumut, Sabtu (22/6/2024), harga cabai merah rata-rata di Sumut seharga Rp 55 ribu per kg.

Di antaranya ada Kabupaten Deli Serdang seharga Rp 49 ribuan per kg, Kabupaten Karo Rp 53 ribu per kg, Kabupaten Labuhanbatu Utara Rp 55 ribu per kg, Kabupaten Langkat Rp 47 ribu per kg. Harga ini sudah berada di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) seharga Rp 55 ribu per kg.

Namun begitu, beberapa daerah masih mematok harga cukup mahal di antaranya ada Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Labuhan Batu, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, maupun Kabupaten Langkat mematok harga Rp 65 ribu per kg.

"Harga cabai merah mengalami penurunan pada perdagangan akhir pekan ini, dari hasil pemantauan di pasar, harga cabai merah dijual dalam rentang Rp 36 ribu-Rp 45 ribu per kg," ungkap Ekonom Sumut Gunawan Benjamin.

Sementara itu, Gunawan menyebutkan bahwa harga bawang merah yang sebelumnya terpantau mahal juga diproyeksikan akan mengalami penurunan harga. Diketahui, harga bawang merah saat ini rata-rata Rp 42 ribu per kg setelah sebelumnya hampir mencapai Rp 50 ribu pada awal Juni lalu.

"Harga bawang merah berpeluang untuk mengalami penurunan dalam waktu dekat. Saya menilai harga bawang merah di pekan depan untuk turun tipis dari kisaran harga Rp 32 ribu hingga Rp 36 ribu per kg," kata Gunawan.

"Sisi persediaan atau suplai yang membaik menjadi peluang bagi harga bawang merah untuk mengalami penurunan," pungkasnya. (DTS/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini