Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan Agar Selalu Bersih Dan Terjaga

Media Apakabar.com
Kamis, 23 Mei 2024 - 12:57
kali dibaca
Mobil Saat Doorsmer di Berkah Auto Service di Jalan Tengku Amirhamzah No.65 Medan ( (Foto: ZF)

Mediaapakabar.com
- 10 tips merawat mobil saat musim hujan yang harus diperhatikan para pengendara agar tetap bersih dan terjaga kondisinya. 

Sebab, ketika musim hujan datang, para pemilik mobil harus lebih ekstra dalam memperhatikan kendaraannya. Khususnya di kota-kota besar air hujan cenderung mengandung zat asam yang bersifat korosif. 

Hal tersebut akan berpengaruh pada rusaknya lapisan cat mobil atau bahkan hingga memengaruhi mesin mobil. Karena itu tips merawat mobil ketika musim hujan ini akan sangat membantu antara lain, 1. Rutin membersihkan mobil pengendara sebaiknya jangan malas untuk membersihkan mobil yang telah digunakan ketika hujan. 

Baiknya, untuk mobil yang baru saja digunakan untuk menerjang hujan gunakan microfiber untuk mengelap dan jika perlu lakukanlah pencucian. 

2. Lakukan perawatan ekstra untuk kaca mobil ketika musim hujan, kaca mobil akan lebih mudah berjamur. Sehingga lakukan pembersihan baik dibagian kaca atau wiper mobil menggunakan sabun anti jamur. 

3. Selalu pastikan untuk menjaga kabin tetap kering ketika musim hujan dengan cara tidak meletakkan barang-barang basah dengan karpet. 

4. Rajin panaskan mobil jika tidak dipakai Jika mobil jarang dipakai ketika musim hujan, tetaplah rajin untuk memanaskannya demi menjaga kondisi mesin tetap baik dan menghindari kerusakan mesin. 

5. Melaju dengan kecepatan konstan ketika menerjang jalan berair, laju kecepatan yang konstan diperlukan. Karena itu, pastikan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan agar kecepatan kendaraan pun bisa lebih stabil. 

6. Bersihkan interior secara rutin dan teratur. Hal ini termasuk membersihkan karpet, jok dan panel interior dari kotoran/kelembaban yang menyebabkan timbulnya bau tak sedap. 

7. Gunakan penutup mobil jika tidak memiliki garasi. Maka pastikan mobil yang berada di luar selalu tertutup sehingga tidak terkena air hujan secara langsung. Hal ini akan menjaga bagian eksterior dari karat. 

8. Jaga kondisi wiper pastikan dalam kondisi baik dan dapat membersihkan kaca depan dengan sempurna. Ganti wiper yang aus atau buruk kinerjanya. 

9. Lindungi bagian-bagian kritis mobil seperti mesin, sistem rem dan sistem listrik dari air hujan dan lumpur. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan perlindungan khusus atau melindungi bagian tersebut dengan kain atau plastik. 

Dan 10. Gunakan pelapis atau wax pelindung pada mobil yang akan membantu menjaga cat mobil dari kerusakan akibat air hujan dan kotoran. (MC/ZF)

Share:
Komentar

Berita Terkini